8 Perbedaan Burung Kenari Jantan dan Betina

Burung kenari (Serinus canaria) dikenal sebagai burung hias yang memiliki suara merdu sekali. Kicau burung ini bahkan terdengar begitu nyaring. Warna bulu di tubuhnya pun sangatlah indah. Tak heran, pencinta burung kenari khususnya di Indonesia terbilang cukup banyak.

Dalam membudidayakan burung kenari, Anda perlu memahami perbedaan antara burung kenari jantan dengan betinanya. Selain hal ini berguna dalam proses perkawinan, pengetahuan tersebut bermanfaat pula dalam pemilihan burung kenari unggulan. Perlu diketahui, burung kenari jantan biasanya memiliki suara yang lebih merdu dan nyaring daripada burung kenari betina.

perbedaan-burung-kenari.jpg

Di bawah ini perbedaan-perbedaan selengkapnya versi Farof :

1. Ada Tidaknya Pembuluh Vena

Pembuluh vena pada kenari salah satunya terletak di sebelah perut menuju ke dubur. Saat berusia 3-4 hari, pembuluh vena pada burung jantan tampak kentara sekali. Sedangkan burung betina pada umur yang sama belum menampakkan pembuluh tersebut.

2. Letak Posisi Kedua Mata

Faktor pembeda yang kedua terlihat dari letak atau posisi mata burung kenari. Pada pejantan, letak mata sejajar dengan paruh. Pada burung kenari betini, posisi mata terletak lebih tinggi dari paruh.

3. Bentuk Kepala

Jika diperhatikan dengan teliti, bentuk kepala burung kenari berjenis jantan dan betina juga berbeda. Burung kenari jantan mempunyai kepala berbentuk ramping. Sementara burung kenari betina memiliki kepala yang membulat.

4. Tingkah Laku dan Pergerakan

Perbedaan tingkah laku burung kenari sudah mulai terlihat sejak usianya berkisar antara 2-3 minggu. Burung kenari jantan lebih aktif melompat-lompat dibandingkan dengan burung betina. Perilaku ini akan sangat terlihat bilamana kedua burung saling didekatkan.

5. Keseluruhan Postur Tubuh

Ciri-ciri burung kenari jantan yaitu memiliki postur tubuh yang lebih besar dan memanjang. Di sisi lain, postur tubuh burung kenari betina tidak terlalu gagah. Malahan si betina ini cenderung terlihat agak membulat.

6. Karakteristik Kaki

Kaki burung kenari jantan tampak panjang dengan jari-jari yang lebih renggang. Sebaliknya kaki burung kenari betina terlihat lebih pendek. Begitupun dengan jari-jarinya yang tersusun lebih rapat.

7. Warna Tulang Belakang

Terlihat jelas perbedaan burung kenari jantan dan betina dari warna tulang belakangnya. Burung pejantan selalu dihiasi dengan warna gelap dan pekat pada bagian tulang belakang ini. Untuk burung kenari betina, warna tulang belakang tersebut tampak lebih cerah.

8. Bentuk Bagian Dubur

Selayaknya hewan burung lainnya, jenis kelamin burung kenari juga dapat diketahui lewat bentuk bagian duburnya. Dubur burung kenari jantan berbentuk menonjol keluar seperti memiliki benjolan. Sedangkan burung kenari betina mempunyai dubur yang lebih datar dan tidak menonjol.