9 Perbedaan HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive)

Setiap komputer memiliki media penyimpanan yang berfungsi untuk merekam data secara permanen. Jika selama ini hard disk selalu ditanamkan di dalam perangkat komputer, kini sudah hadir media penyimpanan berteknologi terbaru yang disebut solid-state drive. Lantas, apakah perbedaan-perbedaan dari kedua media penyimpanan data ini?

perbedaan-ssd-dan-hdd.jpg

HDD (Hard Disk Drive)

HDD adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data. Hard disk merupakan perangkat standar yang biasanya diterapkan di dalam komputer yang berjenis desktop maupun laptop. Hard-disk drive mampu menyimpan data secara permanen sehingga meskipun komputer dimatikan, data tetap tersimpan di dalamnya. Kekhasan dari HDD yakni dilengkapi dengan disk berbentuk cakram yang diputar secara mekanis.

SSD (Solid State Drive)

SSD (Solid State Drive) juga merupakan perangkat yang berguna untuk menyimpan data secara menetap. Karakteristik utama yang dimiliki oleh SSD yaitu bekerja dengan memakai sistem state-disk sehingga tidak ada komponen yang bergerak. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan karena perangkat keras ini tidak mengeluarkan suara bising, tidak menghasilkan panas berlebih, dan lebih kebal terhadap guncangan.

Di bawah ini perbedaan lengkap antara HDD dan SSD yang patut Anda ketahui :

  1. HDD banyak diaplikasikan pada komputer desktop dan laptop, sedangkan SSD lebih banyak diterapkan pada komputer laptop dan tablet.
  2. Bobot HDD lebih berat dibandingkan dengan SSD karena disusun oleh komponen-komponen yang bersifat komplek.
  3. HDD bekerja secara mekanis dan elektris, tetapi SSD bekerja memakai prinsip elektris.
  4. Kecepatan pembacaan dan penulisan data pada SSD delapan kali lebih cepat dibandingkan HDD.
  5. Berbeda dengan HDD yang menimbulkan panas dan bising, pada SSD hal ini sama sekali tidak terjadi.
  6. HDD bisa terkena masalah fragmentasi atau terpencarnya data akibat performa perangkat yang melemah, sementara pada SSD tidak ada potensi mengenai hal ini.
  7. Sayangnya harga SSD saat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.
  8. SSD juga mempunyai waktu mulai kerja yang lebih cepat ketimbang HDD.
  9. Kelebihan lainnya dari SSD yakni lebih menghemat daya listrik dibandingkan dengan HDD meski selisihnya relatif kecil.