Perbedaan Tumor dan Kanker yang Mudah Dipahami

Tumor dan kanker dianggap sebagai penyakit yang paling mematikan di abad ke-21. Fakta menunjukkan angka kematian penderita kedua penyakit ini sangat tinggi mengingat penyembuhannya yang sulit dilakukan. Hal tersebut lantas membuat semua orang merasa takut dengan tumor dan kanker, serta berharap tidak mengidapnya. Tapi tahukah Anda apa perbedaan antar-penyakit ini?

perbedaan-tumor-dan-kanker.jpg

Tumor

Tumor adalah kondisi di mana pertumbuhan sel terjadi secara terus-menerus dan tidak dapat dikendalikan. Perkembangan jaringan tersebut juga tidak memiliki fungsi fisiologis yang jelas. Tumor biasanya ditandai dengan munculnya sebuah benjolan keras di bagian tubuh manapun.

Terdapat dua jenis tumor yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak bisa diidentifikasi dari pertumbuhan sel tumor lambat, mengandung kista, dan berselaput bungkus. Tumor ini cenderung tidak berbahaya dan bisa disembuhkan melalui operasi pengangkatan sel tumor tersebut. Sedangkan tumor ganas biasa dinamakan juga sebagai kanker.

Kanker

Kanker merupakan istilah lain untuk tumor yang berkembang dengan ganas. Penyakit ini bersifat degeneratif, destruktif, dan invasif. Kanker umumnya ditandai dengan pertumbuhan sel jaringan yang tidak terkontrol dan membentuk sebuah benjolan.

Pada penyakit kanker, pertumbuhan sel tumor berlangsung dengan cepat dan tidak bersimpai. Sel tumor tersebut juga dapat menyusup ke bagian tubuh lain melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Oleh sebab itu, seseorang yang terjangkiti kanker biasanya mengidap lebih dari satu jenis kanker karena sel kanker bisa mudah menyebar ke seluruh tubuh. Ini juga yang menjadikan penanganan penyakit kanker sulit sekali dilakukan.

Kesimpulan

Merunut dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tumor adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Tumor dibedakan menjadi dua macam yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Istilah lain dari tumor ganas yaitu kanker.

Untuk mendeteksi penyakit tumor dan kanker dengan tepat diperlukan pemeriksaan medis berupa biopsi. Pengecekan ini terdiri dari serangkaian tes ujicoba untuk mempelajari karakteristik sel yang telah diambil dari pasien. Pemeriksaan biopsi juga bisa mengetahui jenis sel tumor yang berkembang sehingga bisa diberikan bentuk penanganan yang paling baik dan benar.