3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

Bunga adalah bagian tumbuhan yang akan menjadi buah. Umumnya, bunga berwarna elok dan memilki aroma yang harum. Di beberapa daerah, bunga biasanya disebut kembang.

Berdasarkan morfologinya, bunga bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna/lengkap adalah bunga yang mempunyai benang sari dan putik. Sedangkan bunga tidak sempurna/tidak lengkap ialah bunga yang hanya memiliki benang sari atau putik saja.

Perlu diketahui, benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga suatu tanaman. Sementara itu, putik berperan sebagai alat kelamin betina yang terdapat di bunga.

Contoh tanaman yang memiliki bunga sempurna antara lain jambu, mangga, mawar, kamboja, matahari, dan anggrek. Serta contoh tanaman yang mempunyai bunga tidak sempurna yaitu kelapa, kelapa sawit, enau, aren, salak, dan jagung.

perbedaan-bunga.jpg

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara bunga sempurna dan bunga tidak sempurna versi Farof :

1. Jenis Kelamin

Bunga sempurna selalu mempunyai benang sari dan putik. Oleh karena itu, bunga sempurna dikenal pula dengan istilah bunga banci atau bunga hermaphroditus karena memiliki dua alat kelamin sekaligus. Sebaliknya, jenis kelamin bunga tidak sempurna selalu jelas. Tanaman yang ditumbuhi bunga berbenang sari disebut tanaman jantan, sementara bila ditumbuhi bunga berputik dinamakan tanaman betina.

2. Kecerahan Warna

Ciri-ciri bunga sempurna ialah warnanya tampak cerah dan mencolok. Hal ini berguna untuk menarik hati serangga agar membantu proses penyerbukan. Di sisi lain, warna bunga tidak sempurna agak kusam dan tidak begitu menarik.

3. Kandungan Nektar

Kekhasan bunga sempurna yang lain adalah mengandung nektar yang cukup banyak. Hal ini juga mendorong para serangga untuk melakukan penyerbukan bunga. Sebaliknya, bunga tidak sempurna mengandung nektar yang lebih sedikit.