6 Perbedaan Utama Pesawat Boeing dan Airbus

Boeing vs Airbus sama-sama merupakan perusahaan pembuatan pesawat ternama di dunia. Markas Boeing Company terletak di Amerika Serikat dan didirikan oleh William E. Boeing pada tahun 1916.. Sedangkan perusahaan Airbus merupakan anak perusahaan dari EADS yang berpusat di Perancis dan Jerman.

Ditinjau dari segi fisiknya, bagian depan pesawat Boeing berbentuk membulat agak melancip. Jika diperhatikan, susunan jendela pesawat Boeing pun sekilas membentuk huruf V. Pada pesawat Airbus, bagianwa moncongnya memiliki bentuk melengkung bulat dengan susunan jendela yang berada dalam garis lurus dengan badan pesawat.

perbedaan-boeing-dan-airbus.jpg

Memang akan selalu menarik apabila membahas tentang pesawat. Hal ini mengingat sudah sangat lama manusia ingin terbang layaknya burung, namun baru kesampaian setelah penelitian yang dilakukan oleh Wright bersaudara. Dua perusahaan besar yang mendominasi pasar pesawat di dunia adalah Boeing dan Airbus. Menariknya, kedua perusahaan tersebut selalu tampil dengan kekhasannya masing-masing sehingga mempunyai cukup banyak perbedaan terutama dalam desain pesawat buatannya.

Boeing

Boeing Company ialah perusahaan penerbangan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1916 oleh William E. Boeing. Untuk memperluas pangsa bisnisnya, Boeing Company bergabung dengan McDonnell Douglas pada tahun 1997.

Boeing Company dinobatkan sebagai salah satu produsen pesawat skala global terbesar di dunia, serta kontraktor kedirgantaraan dan pertahanan nomor dua pada tahun 2011. Perusahaan ini mempunyai beberapa divisi antara lain Boeing Commercial Airplanes, Boeing Integrated Defense Systems, Rekayasa, Operasi & Teknologi, Boeing Funds, dan Boeing Shared Services Group.

Awalnya, William. E Boeing yang merupakan seorang veteran di industri kayu memanfaatkan pengetahuannya untuk merancang dan membuat pesawat dari kayu. Lambat laun usahanya tersebut berbuah manis dengan terciptanya sebuah perusahaan pesawat terbang. Perusahaan ini menerima pesanan utamanya saat pemerintah Amerika Serikat membutuhkan pesawat selama Perang Dunia I.

Airbus

Airbus adalah perusahaan manufaktur pesawat ternama yang merupakan anak perusahaan dari EADS, sebuah perusahaan kedirgantaraan di Eropa. Basis perusahaan ini berada di Blagnac, Perancis. Saat ini, Airbus berhasil menjual hampir setengah dari total pesawat jet di seluruh dunia.

Pada mulanya, Airbus dirancang untuk menangani konsorium produsen kedirgantaraan. Kemudian pengembangan diambil alih oleh perusahaan saham gabungan antara EADS dan BAE Systems pada tahun 2001.

Produk pesawat pertama yang berhasil dibuat oleh perusahaan ini yaitu Airbus A300. Selain di sektor pesawat jet, perusahaan Airbus juga mengembangkan pesawat militer, komponen pesawat, dan sistem pertahanan. Salah satu ciptaan Airbus yakni biofuel yang bisa dipakai di pesawat untuk mengurangi emisi karbon.

Kesimpulan

Cukup mudah untuk mengetahui perbedaan yang dimiliki antara Boeing dan Airbus. Hal ini karena semua pesawat buatan kedua perusahaan ini mempunyai kekhasan masing-masing. Apa sajakah itu?

  1. Perhatikan bagian bawah pesawat biasanya terdapat tulisan Boeing atau Airbus sebagai manufaktur pembuatnya.
  2. Bagian depan pesawat Boeing berbentuk membulat agak lancip, pesawat Airbus memiliki "moncong" yang membulat agak melengkung.
  3. Susunan jendela kokpit Boeing membentuk V, sementara pada Airbus susunan jendelanya lurus.
  4. Umumnya Boeing meletakkan mesin di depan sayap, tetapi Airbus memilih menaruhnya di bawah sayap.
  5. Boeing dikendalikan memakai kuk pusat dan roda kemudi, sementara pengendalaian Airbus menggunakan sidestick.
  6. Pilot Boeing bisa mengatur keseluruhan sistem pesawat, namun pilot Airbus tidak bisa mengambil kendali penuh dari sistem.