5 Perbedaan Koran, Majalah, dan Tabloid

Apakah perbedaan antara koran, majalah, dan tabloid? Di era modern seperti sekarang, penyampaian berita bisa dilakukan melalui beragam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan media cetak. Di Indonesia sendiri media cetak yang banyak dipakai dalam penulisan berita dan informasi yaitu koran, majalah, dan tabloid.

perbedaan-koran-majalah-tabloid.jpg

Lantas, apa sih perbedaan-perbedaan antara ketiga macam media cetak tersebut?

KORAN

Kata koran berasal dari bahasa belanda yaitu krant atau bahasa perancis yakni courant yang berarti surat kabar. Menurut KBBI, koran adalah lembaran kertas bertuliskan kabar, berita, dan sebagainya yang terbit setiap hari atau secara periodik. Koran biasanya dicetak di kertas berbiaya rendah yang kemudian dinamakan kertas koran.

Isi koran merupakan berita-berita terkini tentang berbagai topik seperti politik, kriminal, sosial, ekonomi, budaya, olahraga, dan lain-lain. Acapkali di dalam koran juga terlampir bahan sindiran baik yang berupa gambar, komik, TTS, dan anekdot lainnya.

Mayoritas koran diterbitkan setiap hari kecuali pada hari libur. Beberapa ada pula yang diterbitkan setiap minggu. Umumnya, koran mingguan ini lebih mengedepankan topik hiburan ketimbang berita yang kekinian.

MAJALAH

Dalam bahasa inggris, majalah disebut sebagai magazine, periodical, glossies, atau serials. Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca. Majalah berdasarkan waktu penerbitannya dibedakan atas majalah mingguan, tengah bulanan, bulanan, dan sebagainya. Sedangkan menurut pengkhususan isinya, macam-macam majalah antara lain majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan lain-lain.

Majalah biasanya dicetak menggunakan tinta pada kertas dan diterbitkan secara berkala. Majalah berisi berbagai macam informasi dalam topik yang bervariasi yang ditujukan kepada masyarakat umum. Gaya penulisan yang lumrah dipakai di majalah yaitu bahasa yang mudah dimengerti oleh berbagai kalangan.

TABLOID

Tabloid ialah surat kabar ukuran kecil yang banyak memuat berita secara singkat, padat, dan bergambar sehingga mudah dibaca umum. Ukuran fisik tabloid kira-kira setengah dari surat kabar biasa atau berkisar 597 x 375 mm. Tabloid juga merujuk pada surat kabar yang tidak diterbitkan secara harian, melainkan mingguan, dwi-mingguan, bulanan, dan sebagainya. Format berita yang dibahas di dalam tabloid umumnya tidak terlalu berat.

PERBEDAAN

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara koran, majalah, dan tabloid versi Farof antara lain :

  1. Koran dan tabloid berbentuk lembaran. Tetapi majalah berbentuk buku.
  2. Ukuran lembaran tabloid setengahnya dari koran. Sedangkan ukuran majalah mirip seperti tabloid.
  3. Koran biasanya diterbitkan setiap hari. Sementara majalah dan tabloid umumnya diterbitkan setiap minggu, dua-minggu, atau bulanan.
  4. Koran membahas topik terkini, majalah membahas tentang hiburan, dan tabloid membahas berita yang ringan.
  5. Berbeda dengan koran yang biasanya dicetak hitam-putih, majalah dan tabloid dicetak secara berwarna.