8 Perbedaan Kera dan Monyet yang Belum Kamu Tahu

Pernahkah Anda merasa penasaran apakah perbedaan antara kera dan monyet itu? Memang benar, jika dilihat sepintas, kedua binatang ini tampak mirip sekali ya. Hal tersebut lantaran kera dan monyet sama-sama merupakan mamalia yang termasuk ke dalam ordo primata. Tetapi bila diperhatikan dengan lebih jeli, Anda bakalan terkejut saat mengetahui perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh keduanya.

KERA

perbedaan-kera-monyet.jpg

Kera merupakan binatang yang tergolong di dalam superfamily Huminoidea di ordo Primata. Kera tidak mempunyai ekor. Ukuran tangannya yang cukup panjang memudahkan kera bergelantungan di pepohonan. Sesekali binatang ini juga terlihat sedang berjalan dengan kedua kakinya.

Karena mempunyai otak yang berukuran cukup besar, kera termasuk hewan yang pintar. Ia mampu menggunakan alat-alat bantu untuk memperoleh makanannya. Kera merupakan binatang yang hidup secara terestrial hingga semi-terestrial. Contoh kera misalnya orangutan, owa, dan siamang.

MONYET

gambar-monyet.jpg

Sementara itu, monyet termasuk ke dalam superfamily Cercopithecidae di ordo Primata. Monyet mempunyai ekor yang berukuran cukup panjang. Sedangkan ukuran lengannya cenderung lebih pendek dibandikan dengan kakinya. Meskipun begitu, monyet lebih suka merangkak dengan kedua kaki dan kedua tangannya.

Jarang sekali monyet tampak bergelantungan di dahan atau ranting pohon. Monyet memiliki otak yang berukuran lebih kecil daripada kera. Mereka pun umumnya sangat menyukai tinggal di atas pohon (arbotrial). Contoh-contoh monyet antara lain monyet ekor panjang, monyet ekor babi, bekantan, lutung, surili, dan beruk.

PERBEDAAN

Berikut ini perbedaan yang dimiliki antara kera dengan monyet, antara lain :

  1. Kera termasuk anggota di superfamili Huminoidea dan monyet tergolong anggota di superfamili Cercopithecidae.
  2. Berbeda dengan kera yang tidak memiliki ekor, monyet mempunyai ekor yang berukuran cukup panjang.
  3. Lengan kera berukuran lebih panjang daripada kakinya, tetapi ukuran lengan monyet sama dengan atau lebih pendek ketimbang kakinya.
  4. Kera senang bergelantungan di pepohonan, namun monyet justru sebaliknya.
  5. Kera dapat berjalan dengan kedua kakinya, sedangkan monyet biasanya merangkak dengan kedua kaki dan kedua tangannya.
  6. Otak kera berukuran lebih besar dibandingkan dengan otak monyet.
  7. Kera lebih pintar ketimbang monyet karena mampu memanfaatkan peralatan untuk memperoleh makanan.
  8. Kera bersifat terestrial hingga semi-terestrial, sementara monyet memiliki sifat arbotrial.