Cara Praktis Membedakan Kura-kura Jantan dan Betina

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan kura-kura jantan dan betina. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Cuma untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura yang masih kecil terhitung lebih sukar dibandingkan dengan kura-kura yang sudah matang secara sistem reproduksi.

kura-kura-jantan-betina.jpg

Memang benar, sangat menyenangkan memelihara kura-kura di rumah. Kendati sering dicap sebagai binatang yang lamban, namun pergerakan kura-kura cukup lincah dan menggemaskan. Apalagi kalau pas kebetulan kita menjumpai kura-kura ini tengah bermain.

Setiap penghobi kura-kura tentu ingin mengetahui jenis kelamin reptil peliharaannya dengan tepat. Lantas, bagaimana sih caranya?

1. Perhatikan Alat Kelaminnya

Alat kelamin kura-kura jantan berupa hemipenis yang terletak di bagian bawah ekor. Anda perlu menekan-nekan plastron (tempurung bawah) terlebih dahulu untuk merangsang si kura-kura mengeluarkan hemipenis-nya. Jika muncul, bisa dipastikan kura-kura tersebut berjenis kelamin jantan. Begitu pula sebaliknya bila kura-kura tidak mengeluarkan hemipenis, kemungkinan besar itu merupakan kura-kura betina.

2. Raba Permukaan Tempurung Bawahnya

Tempurung bawah kura-kura dinamakan plastron, sedangkan tempurung atasnya disebut karapas. Anda bisa mengetahui jenis kelamin kura-kura dengan meraba bagian plastron-nya. Kura-kura betina mempunyai plastron yang datar dan kura-kura jantan memiliki plastron agak cekung. Bentuk plastron jantan yang seperti ini berguna untuk memudahkannya dalam menaiki karapas betina ketika sedang melakukan perkawinan.

3. Lihat Ukuran Kuku Kakinya

Ukuran kuku kaki kura-kura jantan selalu lebih panjang daripada betinanya. Sama halnya juga dengan kura-kura betina yang memiliki kuku kaki tidak terlalu panjang. Selain digunakan untuk menangkap mangsa dan mempertahankan diri, fungsi kuku kaki pada kura-kura jantan juga membantunya memanjati karapas betina ketika akan melakukan proses perkawinan.

4. Cermati Karakteristik Ekornya

Perbedaan kura-kura jantan dan betina juga terletak di bagian ekornya. Kura-kura jantan mempunyai ekor yang cukup panjang dan membesar di pangkalnya. Sementara itu, karakteristik ekor kura-kura betina antara lain berukuran pendek dan pangkalnya kurus.

Tahukah Anda!

Ada dua jenis kura-kura yang tersebar di dunia ini yaitu turtle dan tortois. Turtle adalah kura-kura yang hidup di darat dan air misalnya turtle brazilinensis dan box turtle. Sedangkan, tortois ialah kura-kura yang hanya hidup di darat seperti galapagos tortois. Kura-kura berjenis tortois tidak bisa dipelihara secara bebas karena jumlahnya yang sangat sedikit mendekati ambang kepunahan.