Perbedaan Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Bagaimanakah perbedaan antara angin muson barat dan angin muson timur? Angin muson adalah angin musiman yang terjadi secara periodik di Samudera Hindia dan Asia sebelah selatan. Pada dasarnya, angin muson mirip seperti angin laut tetapi berukuran lebih besar, lebih kuat, dan lebih konstan. Kemunculan angin ini selalu diawali dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Angin muson terdiri atas serangkaian perubahan musiman arah angin di sepanjang pesisir Samudera Hindia. Yakni dari arah barat daya di India selama 6 bulan, serta dari arah timur laut pada 6 bulan berikutnya. Angin muson terjadi karena perbedaan tekanan udara, di mana udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.

angin-muson-barat-timur.jpg

Terdapat dua macam angin muson yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kedua jenis angin muson tersebut!

Angin Muson Barat

Angin muson barat berhembus setiap bulan Oktober sampai dengan Maret. Pada bulan-bulan ini, kedudukan semu matahari terletak di belahan bumi bagian selatan. Peristiwa tersebut mengakibatkan tekanan udara di Asia lebih tinggi daripada Australia. Alhasil, udara pun bergerak dari utara ke selatan dan membelok ke kanan saat berada di garis khatulistiwa.

Karena angin ini melewati Samudera Pasifik, Laut Cina Selatan, dan Samudera Hindia maka kandungan uap airnya pun sangat tinggi. Itulah sebabnya, di daerah-daerah yang dilalui oleh angin muson barat pun lantas terjadi musim penghujan. Termasuk di antaranya yakni sebagian besar wilayah Indonesia.

Angin Muson Timur

Angin muson timur bertiup setiap kali bulan April hingga Oktober. Penyebabnya adalah kedudukan semu matahari berada belahan bumi bagian utara sehingga angin pun bergerak dari Australia ke Asia. Ingat, pergerakan udara selalu berasal dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah.

Karena angin muson timur bergerak dari Australia yang notabene memiliki daratan yang sangat luas dan gurun yang gersang, maka uap air yang terkandung di dalam angin tersebut pun sangat sedikit. Selain itu, angin muson timur ini juga bersifat kering. Akibatnya, daerah-daerah yang dilewati oleh angin ini akan mengalami musim kemarau yang kering dan panas.

Lantas, apakah perbedaan antara angin muson barat dan timur?

  1. Angin muson barat merupakan angin yang bergerak dari belahan bumi utara ke selatan, sedangkan angin muson timur ialah angin yang bergerak dari belahan bumi selatan ke utara.
  2. Angin muson barat bersifat lembab karena melewati perairan, sebaliknya angin muson timur bersifat kering sebab melewati gurun.
  3. Angin muson barat menyebabkan musim penghujan, sementara angin muson timur mengakibatkan musim kemarau.
  4. Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober sampai Maret dan angin muson timur terjadi pada bulan April hingga September.