Perbedaan Hama dan Penyakit Apa Ya?

Apa ya perbedaan antara hama dan penyakit? Bagi Anda yang berprofesi sebagai petani, pasti sudah akrab dengan istilah hama serta penyakit. Yap, keduanya sama-sama merupakan musuh utama karena bisa menurunkan produktifitas dan merusak lahan budidaya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hama adalah hewan yang mengganggu produksi pertanian. Contohnya babi hutan, tupai, tikus, wereng, ulat, dan lain-lain. Sedangkan pengertian penyakit ialah sesuatu yang menyebabkan terjadinya gangguan pada makhluk hidup, atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau kelainan sistem faal atau jaringan pada organ tubuh (pada makhluk hidup).

HAMA

perbedaan-hama-dan-penyakit.jpg

Hama merupakan organisme yang dapat merusak lingkungan oleh sebab aktifitasnya. Hama bisa merusak akar, batang, daun, daun, buah, bunga, atau bagian tanaman lainnya. Akibat dari serangan hama, suatu tanaman akan mengalami kerusakan, tidak normal, hingga mati.

Hama dapat dilihat menggunakan mata telanjang dan mayoritas berasal dari bangsa binatang. Suatu hama umumnya merusak bagian tanaman tertentu karena ingin memakannya atau membuat sarang di sekitarnya. Hama bisa ditangani menggunakan pestisida yang sesuai.

PENYAKIT

gambar-penyakit-dan-hama.jpg

Penyakit disebabkan oleh aktifitas fisiologis yang menimbulkan kerugian akibat gangguan yang terjadi secara terus-menerus. Penyakit umumnya dinyatakan dalam keadaan patologi khas yang biasa disebut gejala. Tanaman yang terkena penyakit akan mengalami penurunan tingkat produktifitas sampai mati secara perlahan-lahan.

Secara garis besar, sulit sekali melihat penyebab penyakit dengan mata telanjang. Hal ini dikarenakan penyakit biasanya ditimbulkan oleh mikro organisme seperti virus dan bakteri serta jamur atau cendawan. Mayoritas serangan penyakit selalu diawali dengan tanda-tanda tertentu hingga tumbuhan yang berpenyakit tersebut mati.

PERBEDAAN

Berikut ini perbedaan-perbedaan hama dan penyakit menurut versi Farof selengkapnya!

  1. Hama merupakan organisme pengganggu dan penyakit adalah mikro organisme perusak.
  2. Hama bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi penyakit tidak.
  3. Serangan hama langsung merusak tanaman, sedangkan serangan penyakit tidak langsung melainkan perlahan-lahan.
  4. Hama bisa diatasi memakai pestisida, sementara penanganan penyakit dapat menggunakan fungisida dan bakterisida.