Perbedaan Mesin Cuci Tabung 1 dan Tabung 2

Tahukah Anda, apakah perbedaan mesin cuci tabung 1 dan tabung 2? Berdasarkan jumlah tabung pemroses di dalamnya, mesin cuci dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu mesin cuci tabung 1 serta mesin cuci tabung 2. Mesin cuci tabung 1 adalah mesin cuci yang hanya memiliki sebuah tabung. Sedangkan mesin cuci 2 tabung ialah mesin cuci yang dilengkapi dengan dua buah tabung.

Sebelum Anda bisa memilih mesin cuci mana yang paling tepat, Anda perlu mengetahui perbedaan-perbedaan keduanya terlebih dahulu. Dan berikut merupakan ulasan lengkap yang patut Anda pelajari untuk membedakan kedua macam mesin cuci tersebut!

Mesin Cuci Tabung 1

mesin-cuci-tabung-1.jpg

Mesin cuci tabung 1 adalah mesin cuci yang mempunyai sebuah tabung pemroses. Jadi pekerjaan mengisi air, mencuci, membilas, sampai dengan memeras cucian hanya dilakukan di dalam satu tabung saja. Dengan kata lain, kegiatan mencuci pakaian menggunakan mesin ini pun menjadi lebih praktis karena kita tinggal menunggu beres tanpa perlu memindah-mindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Menurut letak posisi loading (penutup), mesin cuci tabung 1 dapat dibagi kembali menjadi dua macam yaitu mesin cuci tabung 1 top loading dan front loading. Mesin cuci tabung 1 top loading memiliki penutup yang berada di atas. Sementara itu, mesin cuci tabung 1 front loading mempunyai penutup yang terletak di depan. Secara garis besar, kinerja mesin cuci front loading lebih bagus daripada top loading walaupun harganya juga lebih mahal.

Mesin Cuci Tabung 2

mesin-cuci-tabung-2.jpg

Mesin cuci tabung 2 ialah mesin cuci yang dilengkapi dengan dua buah tabung pemroses sekaligus. Tabung pertama berfungsi sebagai tempat pencucian dan tabung kedua berguna untuk mengeringkannya. Sehingga kinerja mesin ini terasa kurang praktis karena Anda harus memindahkan cucian dari tabung yang pertama ke tabung yang kedua.

Meskipun harganya lebih murah, mesin cuci tabung 2 memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya tingkat kekeringan oleh mesin pemerasnya hanya sekitar 70 persen saja. Selain itu, mesin ini juga membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak untuk sekali pencucian.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan dari Farof, antara lain :

  1. Harga mesin cuci tabung 1 jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin cuci tabung 2, terutama untuk tipe front loading.
  2. Mesin cuci tabung 1 lebih praktis karena tidak perlu memindahkan cucian, sedangkan mesin cuci tabung 2 cukup merepotkan.
  3. Berbeda dengan mesin cuci tabung 1, mesin cuci tabung 2 membutuhkan tenaga listrik yang lebih sedikit.
  4. Mesin cuci tabung 1 sanggup mengeringkan cucian hingga 90%, tetapi mesin cuci tabung 2 sebatas mampu mengeringkan cucian sekitar 70%.
  5. Mesin cuci tabung 1 juga memerlukan air dalam jumlah yang lebih sedikit ketimbang mesin cuci tabung 2.