Ternyata Ini Perbedaan Bebek dan Itik!

Apakah perbedaan antara bebek dan itik? Itik adalah unggas yang hidupnya di darat, pandai berenang, badannya seperti angsa, tetapi lebih kecil. Sedangkan bebek sering diterjemahkan sama dengan itik. Antara bebek dan itik sama-sama merupakan binatang piaraan yang dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi.

Sebelum kita menelusuri perbedaan yang dimiliki oleh bebek dengan itik lebih jauh, yuk kenali dulu ciri-ciri dari kedua unggas ini!

Bebek

perbedaan-bebek-dan-itik.jpg

Pada dasarnya, budidaya bebek dilakukan untuk mengambil dagingnya. Meski bebek juga mampu menghasilkan telur, namun prioritas utamanya adalah daging yang sesuai dengan permintaan pasar. Bebek memiliki ciri-ciri antara lain tubuhnya gemuk, berjalan horisontal, dan gerakannya lambat. Selain bebek, unggas air yang juga dimanfaatkan dagingnya ialah angsa.

Itik

gambar-itik.jpg

Itik adalah unggas air yang lumrah dibudidayakan untuk diambil telurnya. Karakteristik itik yaitu bertubuh ramping, gerakannya lincah, dan berjalan tegak. Ada 2 macam bibit itik yakni itik unggul dan itik sedang. Kendati itik sedang lebih jarang menghasilkan telur, tetapi ukuran telur-telurnya lebih besar.

Perbedaan

Pasti Anda sudah tahu dong perbedaan-perbedaan antara bebek dan itik? Nah, berikut ini kesimpulannya dari kami!

  1. Bebek merupakan unggas pedaging dan itik adalah unggas petelur.
  2. Bebek memiliki tubuh yang gemuk, tetapi itik mempunyai tubuh yang ramping.
  3. Bebek berjalan horisontal, sedangkan itik berjalan secara tegak.
  4. Bebek bergerak dengan lambat, sementara itik gerakannya cukup lincah.