5 Perbedaan antara Photoshop dan Corell Draw

Apakah perbedaan antara photoshop dan corell draw? Seperti kita ketahui, di dunia ini ada begitu banyak software pengolah grafis yang bisa digunakan untuk mengedit data berupa gambar. Perangkat-perangkat lunak tersebut hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan dua software grafis yang paling populer dipakai hingga sekarang adalah Adobe Photoshop dan Corell Draw.

perbedaan-photoshop-corell-draw.jpg

Adobe Photoshop

Photoshop adalah perangkat lunak buatan Adobe System yang ditujukan untuk mengolah data dan informasi berupa foto/gambar dan memberikan efek-efek tertentu. Tidak sedikit para fotografer digital dan perusahaan periklanan yang memanfaatkan software ini sebagai senjata utamanya. Selain dipakai mengedit gambar untuk keperluan percetakan, kini Photoshop juga dapat digunakan untuk keperluan mengolah gambar yang berbasis world wide web. Bahkan versi yang terakhir juga telah tersinkronisasi dengan software-software buatan Adobe lainnya.

Kegunaan utama dari Adobe Photoshop antara lain menyunting gambar, menciptakan efek pada gambar, dan membuat gambar dengan pola tekstur. Sedangkan kelebihan-kelebihannya yaitu mempunyai fitur yang lengkap, tampilan antarmukanya mudah dipahami, kapasitasnya cukup ringan, serta mendukung banyak format gambar.

Corell Draw

Corell Draw ialah software penyunting gambar yang berbasis pad vektor. Walaupun ukurannya cukup besar, ada begitu banyak orang yang memilih menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Pada umumnya, Corell Draw dimanfaatkan untuk keperluan dekstop publishing, perecetakan, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang membutuhkan pengolahan secara visual.

Seringkali Corell Draw dipakai untuk membuat seni vektor dengan menggunakan perhitungan matematika khusus. Kelebihan utamanya terletak pada kehandalannya dalam mempertahankan resolusi gambar, di mana ketika suatu gambar diperbesar atau diperkecil maka integritasnya tetap stabil. Oleh karena itulah, para pembuat logo paling senang menggunakan software ini jika hendak menciptakan karyanya. Selain itu, Corell Draw pun mempunyai sejumlah keunggulan di antaranya mendukung banyak format grafis, memiliki tools dan effect yang lengkap, dan dilengkapi font bawaan yang menarik.

Perbedaan

Lantas, apakah perbedaan antara Adobe Photoshop dan Corell Draw?

  1. Photoshop merupakan software yang berbasis bitmap, sedangkan Corell Draw adalah perangkat lunak yang berjenis vektor
  2. Saat penampilan file di-zoom in/diperbesar, gambar di Corell Draw akan tetap terlihat jelas, sebaliknya gambar di Photoshop bakal tampak agak buram
  3. Berbeda dengan Photoshop yang menggunakan memori sedikit sehingga kinerjanya cepat, pemakaian memori pada Corell Draw cukup besar dan kerap terasa lambat.
  4. Untuk gambar dengan spesifikasi yang sama, ukuran file yang dihasilkan oleh Photoshop lebih besar daripada Corell Draw
  5. Kualitas gambar yang diciptakan menggunakan Photoshop tergantung dari seberapa banyak piksel-piksel yang menyusunnya, sementara Corell Draw sama sekali tidak