5 Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Apakah perbedaan antara gerhana matahari dan gerhana bulan? Sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari gerhana. Gerhana adalah peristiwa bulan/matahari yang terlihat gelap sebagian atau seluruhnya apabila dilihat dari bumi.

Terdapat dua macam gerhana yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana matahari terjadi saat bulan terletak di tengah-tengah jarak antara bumi dan matahari sehingga bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi. Sedangkan, gerhana bulan ialah cahaya bulan tidak sampai ke bumi karena titik pusat geometri bulan, bumi, dan matahari terletak pada satu garis dan bumi berada di tengahnya.

Gerhana Matahari

perbedaan-gerhana-matahari-bulan.jpg

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya sebagian atau seluruh sinar matahari yang menuju ke bumi oleh bulan. Peristiwa tersebut terjadi pada saat posisi bulan berada di antara bumi dan matahari. Ketika gerhana matahari berlangsung, intensitas cahaya matahari berkurang tetapi kekuatan pancarannya tidak berubah. Jadi meskipun suasananya redup dan gerhana bisa dilihat dengan mudah, namun sebenarnya kekuatan pancaran sinar matahari masih sama seperti biasanya. Sehingga keluar larangan menatap gerhana matahari secara langsung karena dikhawatirkan kita terlena menatapnya terlalu lama sehingga dapat merusak indera penglihatan.

Gerhana Bulan

gambar-gerhana-bulan-matahari.jpg

Gerhana bulan adalah peristiwa tertutupnya bulan akibat sinar matahari terhalang oleh bumi. Peristiwa ini terjadi ketika kedudukan bumi terletak di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus. Akibatnya sebagian atau seluruh penampang bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Gerhana bulan boleh disaksikan langsung dengan mata kosong mengingat bulan merupakan satelit yang tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri.

PERBEDAAN

Di bawah ini perbedaan paling lengkap antara gerhana matahari dan gerhana bulan :

  1. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Sedangkan gerhana bulan terjadi saat kedudukan bumi terletak di antara matahari dan bulan.
  2. Gerhana matahari mengakibatkan sinar matahari yang menuju ke bumi terhalang oleh bulan. Sebaliknya, gerhana bulan mengakibatkan sinar matahari yang menuju ke bulan terhalang oleh bumi.
  3. Gerhana matahari menimbulkan ilusi seolah-olah matahari menghilang bila dilihat dari bumi. Sementara itu, gerhana bulan juga menimbulkan ilusi seolah-olah bulan menghilang jika dilihat dari bumi.
  4. Gerhana matahari tidak boleh dilihat langsung dengan mata kosong, melainkan harus menggunakan alat bantu. Berbeda halnya dengan gerhana bulan yang boleh diamati memakai mata kosong alias tanpa alat bantu.
  5. Intensitas terjadinya gerhana matahari lebih jarang dibandingkan dengan gerhana bulan yang terjadi hampir setiap tahun.