5 Perbedaan Ikan Hiu dan Ikan Paus yang Menarik

Apakah binatang laut yang paling besar di dunia? Kebanyakan orang pasti akan menjawabnya dengan ikan hiu atau ikan paus. Yap, ikan hiu dan paus memang memiliki tubuh yang sama-sama berukuran sangat besar. Bentuk badan keduanya juga mirip sekali. Itu sebabnya, tidak sedikit yang menganggap kalau ikan hiu sama dengan ikan paus.

perbedaan-hiu-dan-paus.jpg

Tetapi sebenarnya, antara ikan hiu dan ikan paus mempunyai perbedaan-perbedaan yang mencolok lho. Apa sajakah gerangan itu?

Perbedaan 1 : Ikan vs Mamalia

Hiu termasuk ikan/pisces yang mempunyai sisik yang menyelimuti tubuhnya. Ikan hiu juga merupakan vertebrata yang memiliki tulang punggung yang kaku. Saat berenang, ikan hiu menggerakkan ekornya ke kanan dan kiri. Di sisi lain, paus adalah mamalia. Artinya paus juga bukan merupakan vertebrata dan tubuhnya tidak bersisik. Paus berenang dengan menggerakkan ekornya naik dan turun.

Perbedaan 2 : Tulang Rawan vs Tulang Kaku

Kerangka ikan hiu terbuat dari bahan rawan yang bersifat fleksibel. Tulang rawan ini paling banyak membentuk hidung dan telinga. Sebaliknya, paus memiliki tulang yang terbuat dari tulang kaku. Jadi kesimpulannya hiu mempunyai kerangka yang jauh lebih ringan daripada paus.

Perbedaan 3 : Insang vs Paru-paru

Hiu dan ikan-ikan lainnya mampu menyerap oksigen yang terkandung di dalam air melalui insang. Insang ini terletak di sisi kepala sebelah kanan dan kiri, berbentuk sangat tipis, serta mudah terlipat. Sedangkan paus menggunakan paru-paru untuk bernapas. Oleh sebab itu, paus harus berenang sesering mungkin ke permukaan air untuk menyerap oksigen dari udara melalui lubang saluran pernapasan yang ada di atas kepalanya. Paus sama sekali tidak bisa memperoleh oksigen dari air.

Perbedaan 4 : Berdarah Dingin vs Berdarah Panas

Hiu merupakan binatang yang berdarah dingin sehingga tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Faktanya suhu tubuh ikan hiu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di sekitarnya. Inilah kenapa ikan-ikan hiu umumnya tinggal di perairan tropis dan sub-tropis, meski ada juga beberapa spesies yang bisa hidup di perairan dingin. Berbeda halnya dengan paus yang tergolong binatang berdarah panas sehingga sanggup mengatur suhu tubuhnya secara internal. Hal ini pula yang memungkinkan paus dapat bertahan hidup, baik di perairan dingin maupun hangat.

Perbedaan 5 : Ovipar dan Ovovivipar vs Vivipar

Beberapa ikan hiu berkembang biak dengan cara bertelur. Sementara hiu yang lain ada pula yang bertelur dan melahirkan. Setelah telur tersebut menetas, beberapa induk hiu ada yang mengasuh larvanya dan ada juga yang langsung meninggalkannya. Dalam sekali bertelur, ikan hiu dewasa mampu menghasilkan kurang dari 100 telur sehingga tingkat harapan hidupnya lebih tinggi ketimbang bangsa ikan lainnya. Sedangkan perkembangbiakan paus melalui proses melahirkan. Anak paus selalu mendapatkan pengasuhan dari induknya untuk sementara waktu hingga mereka sanggup bertahan hidup sendiri. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah paus menyusui anaknya lewat kelenjar susu yang dimilikinya, sedangkan ikan hiu sama sekali tidak melakukannya.