9 Perbedaan Unik antara Kutub Utara dan Kutub Selatan

Apakah perbedaan antara kutub utara dan kutub selatan? Seperti kita tahu, bumi berbentuk bulat pepat dan mempunyai dua kutub. Kutub yang terletak di sebelah utara disebut kutub utara, sedangkan kutub yang berada di bagian selatan dinamakan kutub selatan. Kedua kutub ini sama-sama diselimuti oleh es sepanjang tahun karena tidak dilintasi oleh matahari.

Kutub Utara

Kutub utara biasa disebut pula sebagai artik, di mana wilayahnya terdiri atas dataran tanah dan lautan beku. Itu sebabnya, kutub utara bisa dihuni oleh manusia karena memiliki daratan yang cukup luas. Binatang khas dari kutub utara adalah beruang salju yang menjadikan burung, ikan, dan sapi laut sebagai mangsanya. Rata-rata suhu udara di kutub ini mencapai -34 derajat celcius dan akan naik saat musim panas.

Kutub Selatan

Sebutan lain untuk kutub selatan ialah antartika. Lebih dari 90 persen wilayahnya berupa lautan yang membeku. Jadi jangan heran kalau melihat suasana di sini dipenuhi dengan gunung-gunung es. Suhu udara rata-rata di kutub selatan sekitar -49 derajat celcius, bahkan pernah mencapai -90 derajat celcius pada tahun 1983. Hewan endemik dari kutub yang terletak di bagian terbawah bumi ini yaitu pinguin.

PERBEDAAN

perbedaan-kutub-utara-selatan.jpg

Di bawah ini Farof jelaskan perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh kutub utara dengan kutub selatan :

  1. Kutub utara terletak di bagian bumi sebelah utara, sedangkan kutub selatan berada di bagian bumi sebelah selatan.
  2. Kutub utara biasa disebut juga sebagai artik, begitupun dengan kutub selatan yang kerap dinamakan antartika.
  3. Wilayah kutub utara terdiri atas daratan dan lautan, sebaliknya kutub selatan hanya disusun oleh lautan.
  4. Berbeda dengan kutub utara yang dihuni oleh manusia, kutub selatan sama sekali tidak berpenghuni.
  5. Jumlah es yang tersimpan di kutub selatan jauh lebih banyak daripada kutub utara, bahkan es di kutub selatan ini mencakup 3/4 dari total es yang ada di bumi.
  6. Kekayaan alam di kutub utara bisa dikuasai oleh suatu negara, berbeda halnya dengan kekayaan alam di kutub selatan yang hanya diperuntukkan perdamaian dunia dan penelitian ilmiah.
  7. Binatang asli kutub utara adalah beruang salju, sementara hewan endemik kutub selatan yaitu pinguin.
  8. Ukuran lubang ozon pada atmosfer yang menyelubungi kutub utara lebih besar dibandingkan dengan atmosfer di kutub selatan.
  9. Saat ini, beberapa wilayah ea di kutub utara juga dilaporkan mengalami pencairan dan keretakan yang lebih parah ketimbang kutub selatan.