Perbedaan Pelabuhan dan Dermaga yang Mendasar

Kebanyakan masyarakat awam kurang mengetahui perbedaan antara pelabuhan dan dermaga. Pada dasarnya, pelabuhan adalah semacam terminal bagi kapal dan dermaga merupakan area bersandarnya. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pelabuhan ialah tempat untuk berlabuh. Sedangkan perngertian dermaga yaitu tembok rendah yang memanjang di tepi pantai menjorok ke laut di kawasan pelabuhan. Dermaga biasanya digunakan untuk pangkalan dan bongkar muat barang.

perbedaan-pelabuhan-dan-dermaga.jpg

Pelabuhan

Pelabuhan merupakan tempat berlabuh bagi kapal dan perahu. Tempat ini terdiri atas daratan dan lautan yang memiliki batas-batas tertentu. Pelabuhan umumnya dipakai untuk mendukung kegiatan di bidang pemerintahan dan ekonomi seperti tempat kapal bersandar, tempat naik turun penumpang, tempat bongkar muat barang, tempat perpindahan intra, dan tempat pergantian antar moda transportasi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas penyelenggaraan pelabuhan disebut kepelabuhan.

Ragam pelabuhan dapat dikelompokkan berdasarkan aspek alam, pelayanan, lingkup pelayaran, kegiatan perdagangan luar negeri, kapal yang diperbolehkan singgah, pengawasan bea cukai, kegiatan pelayaran, serta peran dalam pelayaran. Di antaranya meliputi pelabuhan terbuka, pelabuhan tertutup, pelabuhan umum, pelabuhan khusus, pelabuhan hub, pelabuhan internasional, pelabuhan nasional, pelabuhan regional, pelabuhan lokal, pelabuhan ekspor, pelabuhan impor, pelabuhan laut, pelabuhan pantai, pelabuhan samudera, pelabuhan nusantara, pelabuhan rakyat, pelabuhan trasito, dan pelabuhan feri.

Dermaga

Pengertian secara prinsip, dermaga adalah bagian dari pelabuhan yang berfungsi untuk area persandaran kapal. Jadi ini merupakan tempat tambatan kapal. Kegiatan di dermaga meliputi aktivitas naik turun penumpang kapal, aktivitas bongkar muat barang, dan sebagainya. Termasuk di dalamnya juga aktivitas mengisi bahan bakar kapal dan memasukkan bekal perjalanan bagi awak kapal.

Menurut peruntukkannya, jenis-jenis dermaga bisa dibedakan menjadi dermaga barang umum, dernaga peti kemas, dermaga curah, dermaga khusus, dermaga marina, dan dermaga kapal ikan. Sementara pembagian dermaga berdasarkan bentuknya antara lain dermaga quay wall, dermaga dolphin, dan dermaga system jetty.

Perbedaan

Setelah mencemarti penjelasan secara singkat di atas, pasti Anda sudah mengetahui perbedaan yang mendasar antara pelabuhan dan dermaga kan? Tepat sekali! Pelabuhan adalah tempat kapal berlabuh secara luas yang berisi beranekaragam sarana dan prasarana yang dapat mendukung kelancaran transportasi di air, termasuk salah satu fasilitas di dalamnya yakni dermaga. Di sisi lain dermaga merupakan area persandaran kapal yang terletak di dalam pelabuhan.