3 Perbedaan Bendung dan Bendungan Secara Spesifik

Apakah perbedaan bendung dan bendungan secara spesifik? Tahukah Anda, bendung dan bendungan merupakan dua bangunan air yang berbeda satu dengan yang lain. Sayangnya tidak sedikit orang awam yang mengira kalau kedua bangunan tersebut sama saja. Bendung adalah pengempang untuk menahan air di sungai (tepi laut dan sebagainya). Sedangkan bendungan ialah bangunan penahan atau penimbun air untuk irigasi (pembangkit listrik dan sebagainya).

perbedaan-bendung-dan-bendungan.jpg

Bendung

Bendung merupakan bangunan yang dibuat melintasi sungai dan berfungsi untuk mengubah karakteristik aliran air. Kegunaan lainnya seperti mencegah terjadinya banjir, mengukur debit sungai, dan melambatkan aliran sungai. Ada dua macam bendung yaitu bendung tetap dan bendung gerak. Bendung tetap bermanfaat untuk menaikkan tinggi muka air hingga batas tertentu supaya air bisa dialirkan ke irigasi. Dan bendung gerak memiliki beberapa pintu yang bisa digerak-gerakkan untuk keperluan mengatur ketinggian muka air di sungai.

Bendung adalah struktur mirip bendungan yang memiliki kepala cukup rendah. Fungsi dari bangunan ini yaitu untuk menaikkan muka air hingga dapat mengalir melalui puncak atau mercu bendung. Penerapan bendung paling banyak di Indonesia adalah untuk kepentingan irigasi, terutama jika ketinggian muka air sungai lebih rendah daripada ketinggian muka tanah yang akan dialiri air.

Bendungan

Bendungan ialah bangunan yang dirancang untuk menahan laju air dengan membentuk waduk, danau, maupun tempat rekreasi. Sejumlah bendungan juga kerap dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Konstruksi bendungan biasanya dilengkapi dengan pintu air sebagai saluran pembuangan air yang tidak dibutuhkan secara bertahap.

Lumrahnya bendungan terbuat dari material tanah, batu, beton, atau pasangan bata. Tidak hanya dipakai untuk menampung dan menahan air, tetapi bendungan juga sering digunakan untuk menampung lumpur dan limbah industri. Berdasarkan ketinggian strukturnya, bendungan bisa diklasifikasikan menjadi lima macam. Bendungan besar memiliki tinggi lebih dari 15 meter, bendungan utama lebih dari 150 meter, bendungan rendah kurang dari 30 meter, bendungan sedang sekitar 30-100 meter, dan bendungan tinggi lebih dari 100 meter.

Perbedaan

Simak tiga perbedaan spesifik antara bendung dengan bendungan sebagai berikut!

  1. Konstruksi bendung memiliki ukuran yang lebih kecil daripada bendungan.
  2. Tingkat kerumitan dalam pembuatan bendung juga lebih sederhana dibandingkan dengan bendungan yang memerlukan perencanaan yang matang.
  3. Pada dasarnya, bendung berguna untuk menaikkan muka air sedangkan bendungan berfungsi untuk menahan laju air.