3 Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Apakah Anda bingung dengan perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika? Sistem Informasi dan Teknik Informatika sama-sama merupakan jurusan yang mempelajari kurikulum tentang komputer. Tepatnya ada tiga program studi yang mengupas mengenai komputer yaitu Computer Science (Teknik Informatika atau Ilmu Komputer), Computer Engineering (Sistem Komputer atau Teknik Komputer), dan Information System (Sistem Informasi atau Manajemen Informatika).

sistem-informasi-teknik-informatika.jpg

Nah sebelum membahas perbedaannya, mari kita mengenal lebih jauh tentang pengertian dari masing-masing jurusan ini!

Sistem Informasi (SI)

Sistem Informasi (Information System) adalah jurusan yang mempelajari tentang proses pembangunan dan penerapan teknologi informasi ke dalam suatu bisnis. Pengimpelementasian IT ini dimaksudkan agar jalannya bisnis menjadi lebih efektif dan lebih efisien. Seorang lulusan SI diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi secara terorganisir.

Teknik Informatika (TI)

Teknik Informatika (Computer Science) adalah jurusan yang mempelajari tentang proses pengembangan komputer masa depan, robot, sistem intelijensi, dan sebagainya. Jadi semua disiplin ilmu yang mengupas mengenai bagaimana teknologi komputer di masa yang akan datang akan dibahas secara mendalam di TI. Kemampuan utama yang bakal dimiliki oleh seorang lulusan TI yakni sanggup merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.

PERBEDAAN

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika, di antaranya :

  1. Seorang lulusan SI mampu merancang, menerapkan, dan mengembangkan sistem informasi. Sedangkan seorang lulusan TI mampu merancang dan mengembangkan algoritma komputasi.
  2. Beberapa sebutan jurusan tentang SI antara lain Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain-lain. Sementara itu, sebutan untuk jurusan TI di antaranya Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Ilmu Informatika, Informatika, Matematika Komputasi, dan sebagainya.
  3. Kurikulum SI menekankan pada cara memastikan supaya teknologi dan sistem informasi bisa saling bekerjasama untuk mensukseskan strategi bisnis perusahaan. Berbeda halnya dengan kurikulum TI yang kental dengan ilmu pengetahuan khususnya logika matematika, komputasi, dan algoritma untuk pengembangan teknologi komputer.