4 Perbedaan Pencak Silat, Karate, dan Taekwondo

Secara garis besar, di Indonesia terdapat setidaknya tiga ilmu beladiri yang paling banyak dipelajari. Di antaranya yaitu pencak silat, karate, dan taekwondo. Perlu diketahui, pencak silat merupakan seni beladiri asli dari Nusantara. Sedangkan karate berasal dari Jepang dan Taekwondo adalah beladiri asal Korea. Tapi tahukah Anda, apakah perbedaan dari ketiga ilmu beladiri tersebut?

perbedaan-pencak-silat-karate-taekwondo.jpg

Pencak Silat

Pencak silat ialah seni beladiri tradisional yang berasal dari Nusantara, di mana suku bangsanya meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan. Induk organisasi pencak silat di Indonesia yaitu IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Sedangkan organisasi yang mewadahi federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa). Dalam pencak silat, konsentrasi menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Pencak silat banyak mendapatkan pengaruh dari agama islam, hindu, dan budha serta budaya china.

Karate

Karate merupakan seni beladiri yang berasal dari Jepang. Pengertian karate secara harfiah berarti tangan kosong, di mana teknik beladiri ini memang banyak mengandalkan tangan dan kekuatan. Organisasi yang menaungi olahraga karate di Jepang ialah JKF (Japan Karate Federation) serta organisasi yang mewadahi karate di Indonesia yaitu FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia). Sementara itu, induk organisasi-organisasi karate di seluruh dunia adalah WKF (World Karate Federation). Aliran karate dapat dibedakan menjadi aliran tradisional dan aliran olahraga. Pada karate yang beraliran tradisional, pembelajaran mengenai aspek beladiri dan teknik tempur lebih diutamakan. Sedangkan karate yang beraliran olahraga lebih mengedepankan teknik-teknik untuk pertandingan olahraga.

Taekwondo

Taekwondo adalah seni beladiri yang berasal dari Korea. Tae artinya menendang/menghancurkan dengan kaki, kwon berarti tinju, dan do yaitu jalan/seni. Jadi pengertian taekwondo ialah seni beladiri yang mengutamakan tendangan dan tinjuan. Namun pada dasarnya, seni beladiri ini lebih berfokus pada penggunaan daya jangkau dan kekuatan kaki semaksimal mungkin. Seiring dengan perkembangannya, terdapat induk organisasi taekwondo di Indonesia yakni FTI (Federasi Taekwondo Indonesia). Sementara WTF (World Taekwondo Federation) merupakan federasi taekwondo seluruh dunia.

PERBEDAAN

Di bawah ini perbedaan-perbedaan pencak silat, karate, dan taekwondo versi Farof di antaranya :

  1. Pencak silat mengutamakan konsentrasi, karate mengandalkan kekuatan, dan taekwondo memfokuskan pada kecepatan.
  2. Gerakan karate banyak menggunakan tangan, taekwondo banyak memakai kaki, sedangkan pencak silat banyak memanfaatkan tangan dan kaki.
  3. Di Indonesia, induk organisasi pencak silat adalah IPSI, organisasi karate yaitu FORKI, sementara organisasi tekwondo ialah FTI.