5 Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis Pada Mobil

Apakah Anda masih bingung dengan bedanya transmisi manual dan otomatis pada mobil sehingga sulit untuk memilihnya? Seperti kita ketahui, ada dua jenis sistem perpindahan gigi pada mobil yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Sebenarnya kedua sistem transmisi tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga pemilihannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mobil bertransmisi manual mempunyai kelebihan utama yaitu performanya yang lebih responsif dan hemat bahan bakar. Namun di sisi lain, keunggulan mobil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis yakni lebih mudah dikemudikan, terutama saat kondisi jalanan sedang macet.

perbedaan-mobil-otomatis-manual.jpg

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara mobil bertransmisi manual dan mobil bertransmisi otomatis versi Farof!

1. Konsumsi Bahan Bakar

Kabar yang menyatakan kalau mobil yang ditanami transmisi otomatis lebih boros BBM ternyata bukan sekadar gosip belaka. Faktanya, mobil otomatis bekerja lebih berat daripada mobil manual karena sistem transmisi yang dimilikinya sangat rumit. Namun bagi Anda pengguna mobil otomatis tetap bisa melakukan penghematan bensin dengan memanfaatkan gas dan glide saat meluncur di turunan. Perlu diketahui, potensi mobil automatic untuk dapat meluncur jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil manual.

2. Pengalaman Saat Berkendara

Mobil matic adalah pilihan yang paing tepat diambil apabila Anda sering melewati jalan yang kondisinya macet. Dengan berbekal sistem transmisi yang telah otomatis, Anda tidak perlu repot lagi memindahkan posisi gigi terlalu sering. Sedangkan mengemudikan mobil manual paling nyaman ketika kondisinya cukup lapang sehingga mobil dapat berjalan dengan mulus tanpa tersendat-sendat.

3. Tingkat Kesulitan Perawatan

Karena merupakan teknologi yang baru, jangan heran jika biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat mobil otomatis lebih mahal ketimbang mobil manual. Bahkan selisih harga spare part-nya pun cukup jauh. Tapi biasanya usia pakai spare part untuk mobil matic ini lebih awet tergantung pemakaiannya.

4. Kemampuan Akselerasi

Kebanyakan mobil tipe automatic memiliki sistem transmisi yang rumit dan berat. Hal ini lantaran adanya penambahan komponen-komponen tertentu sehingga memungkinkan perpindahan giginya bisa berlangsung otomatis. Sebaliknya, sistem transmisi untuk mobil manual lebih sederhana. Alhasil kemampuan akselerasi mobil manual pun menjadi lebih responsif daripada mobil otomatis.

5. Harga Baru dan Bekas

Perbedaan harga mobil baru antara yang memakai transmisi manual dengan otomatis terpaut cukup jauh, berkisar antara 5-20 juta tergantung tipe mobilnya. Akan tetapi harga pasaran untuk mobil otomatis bekas dan mobil manual bekas hanya terpaut 2-3 juta saja.