7 Perbedaan Mobil Matic dan Non Matic

Apakah perbedaan antara mobil matic dan mobil non matic? Berdasarkan sistem transmisi yang dimilikinya, mobil dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu mobil matic dan mobil non matic. Mobil matic adalah mobil yang dilengkapi dengan sistem transmisi yang otomatis, di mana proses perpindahan gigi dilakukan oleh gear box. Sementara itu, mobil non matic dikendalikan secara manual dengan perpindahan gigi yang dilakukan memakai pedal kopling dan tuas kopling.

mobil-matic-dan-mobil-non-matic.jpg

Mobil Matic

Mobil matic dapat dikendalikan dengan mudah sehingga pengemudinya akan merasa nyaman dan tidak mudah lelah saat mengendarai mobil tersebut. Mobil ini juga sangat praktis dan gampang dipelajari bahkan oleh para pemula sekalipun. Yang tak kalah penting, harga jual kembali mobil matic rata-rata masih tergolong baik dan lebih tinggi daripada mobil manual.

Sayangnya, perawatan mobil matic terbilang rumit dan cukup menguras kantong. Jika tidak dirawat dengan benar, mobil yang sudah terlanjur rusak ini malah akan menghabiskan biaya yang lebih banyak untuk perbaikannya. Mobil matic juga terkenal boros bahan bakar, terutama bila dipakai untuk melintasi tanjakan, jalan macet, dan jalan yang rusak. Tingkat akselerasi mobil ini pun tidak terlalu bagus serta dibutuhkan kendali yang ekstra ketika melewati jalan menurun yang lumayan panjang.

Mobil Non Matic

Kelebihan utama dari mobil non matic (manual) terletak pada tingkat akselerasinya yang tinggi dan responsif sehingga kecepatan mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Mobil jenis ini juga terkenal irit biaya, baik biaya perawatan maupun biaya perbaikan. Selain itu, penggunaan bahan bakar pada mobil manual lebih hemat dibandingkan dengan mobil matic.

Banyaknya pedal dan tuas yang harus dikendalikan oleh pengemudi mobil non matic sering mempersulit seseorang untuk dapat mengendalikan laju dari mobil ini. Kesulitan tersebut juga yang memicu mudahnya pengemudi mobil manual merasa lelah, khususnya saat kondisi jalan sedang macet. Untuk perbandingan harga, nilai purna jual mobil non matic umumnya lebih rendah.

Perbedaan

Simak beberapa perbedaan antara mobil matic dengan mobil non matic sebagai berikut!

  1. Pada dasarnya, mobil matic lebih mudah dikendarai daripada mobil non matic, terutama untuk para pemula.
  2. Sayangnya tingkat akselerasi yang dimiliki oleh mobil matic terbilang rendah, sedangkan mobil non matic dapat berakselerasi dengan baik.
  3. Mobil matic juga terkenal boros bahan bakar, sementara mobil non matic dapat menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan.
  4. Walaupun begitu, mobil matic dapat membuat pengemudi tetap merasa nyaman tanpa capek dalam waktu yang lama, berbeda halnya dengan mobil non matic yang cepat menimbulkan rasa lelah.
  5. Secara keseluruhan, biaya perawatan dan perbaikan yang harus dikeluarkan untuk mobil matic jauh lebih banyak ketimbang mobil non matic.
  6. Tidak berlaku pada mobil non matic, kadang-kadang mobil matic bisa kehilangan daya cengkeram rem yang ideal saat melewati jalur yang menurun sehingga wajib ekstra hati-hati.
  7. Kendati demikian, rata-rata harga jual kembali mobil matic selalu lebih mahal dibandingkan dengan mobil non matic.