3 Perbedaan Waduk, Bendung, dan Bendungan

Apakah perbedaan antara waduk, bendung, dan bendungan? Ada begitu banyak bangunan air yang berfungsi untuk memanfaatkan sumber air sebagai sarana yang mempermudah kegiatan manusia sehari-hari. Ketiga di antaranya ialah waduk, bendung, dan bendungan.

Karena memiliki bentuk yang saling mirip satu sama lain, tidak sedikit dari kita yang menganggap kalau masing-masing dari bangunan ini sama saja. Apalagi fungsi dan kegunaan dari waduk, bendung, maupun bendungan juga tidak jauh berbeda. Tapi tahukah Anda kalau ketiga macam bangunan air ini sebenarnya berbeda-beda? Lalu, apa sih perbedaan yang dimiliki oleh ketiganya?

perbedaan-waduk-bendung-bendungan.jpg

Waduk

Waduk adalah tempat penampungan air yang memiliki ukuran sangat besar. Waduk merupakan bagian dari bendungan. Umumnya, waduk dibuat dengan jalan membendung aliran sungai. Air yang telah ditampung ke dalam waduk selanjutnya bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Contohnya sebagai air minum, irigasi pertanian, pembangkit listik, dan budidaya perikanan. Kadang-kadang waduk juga kerap dimanfaatkan sebagai objek misata apabila memiliki pemandangan yang indah.

Bendung

Bendung adalah bangunan air yang berfungsi untuk menghalangi aliran air supaya permukaannya naik hingga ketinggian tertentu sesuai ukuran bendung. Tujuannya yaitu agar air dapat mengalir lebih jauh daerah yang tinggi menuju ke daerah yang rendah. Kekhasan dari bendung ialah tidak adanya pintu air yang melengkapinya, sehingga air sengaja dibuat meluap dan mengalir melalui bagian atas (bibir bendung). Di samping digunakan untuk keperluan irigasi pertanian, bendung juga memiliki peran untuk mengetahui debit air suatu waktu serta menghambat laju kecepatan aliran air.

Bendungan

Bendungan adalah konstruksi bangunan yang mempunyai kegunaan untuk menghalangi aliran air sehingga membentuk penampungan air berukuran sangat luas yang disebut waduk. Jadi bendungan mencakup semua bagian dari bangunan pembendung air. Berbeda dengan bendung yan memiliki ukuran relatif kecil, ukuran dari bendungan ini jauh lebih besar. Bendungan juga dilengkapi dengan pintu air berukuran raksasa yang berfungsi untuk mengendalikan air yang keluar dari waduk.

Perbedaan

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan-perbedaan atara waduk, bendung, dan bendungan antara lain :

  1. Bendung dan bendungan ialah bangunan air yang berdiri sendiri. Sedangkan waduk merupakan bagian dari bendung/bendungan yang berguna sebagai tempat penampungan air.
  2. Secara garis besar, ukuran dari konstruksi bangunan bendungan jauh lebih besar dan lebih luas daripada bendung.
  3. Berbeda halnya dengan bendungan yang dilengkapi dengan pintu air rakasasa, konstruksi bendung sama sekali tidak memiliki pintu air sehingga air dibiarkan meluap melui bagian atasnya.