5 Perbedaan Pasar Tradisional vs Pasar Modern

Apakah perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern? Pasar dikenal sebagai tempatnya orang-orang untuk melakukan transaksi jual beli. Di indonesia, pasar bisa ditemukan di hampir semua daerah. Berbagai barang kebutuhan sehari-hari banyak dijual bebas di sini seperti beras, ikan, buah dan sayuran, daging, telur, pakaian, perangkat elektronik, serta sebagainya.

Ragam pasar bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Tahukah Anda, apakah perbedaan-perbedaan dari kedua pasar tersebut?

perbedaan-pasar-tradisional-modern.jpg

Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara tradisional yang ditandai dengan interaksi langsung serta proses tawar-menawar. Barang-barang yang dijual di pasar tradisional kebanyakan berupa barang kebutuhan pokok seperti margarin dan mentega dan umumnya belum dimasukkan ke dalam kemasan khusus. Kondisi di dalam pasar tradisional juga tidak terlalu rapi. Namun jika beruntung, harga barang di pasar ini bisa sangat rendah.

Pasar Modern

Berbeda halnya dengan pasar tradisional, bentuk transaksi yang terjadi di pasar modern ialah transaksi tidak langsung sebab pembeli melakukan pelayanan secara mandii/swalayan atau dibantu oleh petugas yang berjaga. Barang yang dijual di pasar modern tidak hanya berupa kebutuhan pokok, tetapi barang kebutuhan sekunder dan tertier pun dapat dijumpai di sini. Kendati tidak berlaku proses tawar-menawar, namun harga barang-barang di pasar modern kerap mendapatkan diskon.

Perbedaan

Dan berikut merupakan perbedaan antara pasar tradisional dengan pasar modern selengkapnya!

  1. Perbedaan mendasar ialah pasar tradisional memungkinakn pembeli dapat menawar harga suatu barang, sedangkan pasar modern tidak namun kerap memberikan potongan harga.
  2. Secara garis besar, kondisi dan suasana di pasar modern lebih bersih dan lebih rapi daripada pasar tradisional.
  3. Barang yang umum dijual di pasar tradsional adalah barang kebutuhan sehari-hari, sementara pasar modern menjual barang yang lebih beraneka-ragam termasuk barang mewah.
  4. Tidak seperti di pasar tradisional, produk-produk yang berada di pasar modern dibungkus dengan kemasan yang menarik dan terjaga kebersihannya.
  5. Dengan spesifikasi dan kualitas yang sama, rata-rata harga suatu barang di pasar modern lebih murah dibandingkan di pasar modern.