5 Perbedaan Sengit antara Nike vs Adidas

Apakah perbedaan antara Nike dan Adidas? Saat ini, ada dua perusahaan besar paling terkenal yang memproduksi pakaian olahraga dan aksesorinya. Siapa lagi kalau bukan Nike dengan Adidas. Dua produsen ini selalu berlomba-lomba untuk menciptakan pakaian, sepatu, dan perlengkapan olahraga dengan desain yang paling memuaskan bagi para konsumennya.

perbedaan-nike-dan-adidas.jpg

Tahukah Anda, apa bedanya Nike dan Adidas?

Nike

Nike adalah perusahaan pakaian dan peralatan olahraga nomor satu di dunia yang dibangun oleh Bill Bowerman dan Philip Knight. Perusahaan ini berpusat di Beaverton, Oregon, Amerika Serikat. Awalnya perusahaan yang didirikan pada tahun 1964 ini bernama Blue Ribbon Sports. Barulah sejak tahun 1978, nama tersebut diganti menjadi Nike. Kata nike diambil dari bahasa yunani yaitu nikn yang berarti dewi kemenangan.

Nike memiliki logo berupa tanda swoosh alias centang. Tag line just do it juga selalu melengkapi produk-produk buatannya. Pangsa pasar Nike menyasar dunia basket dan lari, terutama di Amerika Serikat dan sekitarnya. Meskipun pusatnya ada di AS, tetapi Nike pun mempunyai beberapa perusahaan outsourcing yang terletak di China, Indonesia, Taiwan, dan Korea Selatan. Sejumlah merk dagang yang berada di bawah naungan Nike Group di antaranya Umbro, Converse, serta Cole Haan.

Adidas

Saat ini, Adidas merupakan perusahaan penghasil peralatan olahraga terbesar kedua di dunia serta nomor satu di Benua Eropa. Didirikan oleh Adolf Dasler pada tahun 1948, markas perusahaan ini berada di Jerman. Selain memproduksi alat-alat olahraga dan perlengkapannya, Adidas juga membuat tas, kemeja, sepatu running dan training, kacamata, dan sebagainya.

Logo milik Adidas mempunyai bentuk berupa tiga baris yang tersusun secara paralel. Menariknya logo tersebut dibeli oleh Adidas dari perusahaan Karhu di Finlandia. Fokus utama Adidas ialah menyasar cabang olahraga tenis dan sepakbola. Perusahaan ini juga mempunyai perusahaan outsourcing yang ada di negara-negara di Asia. Beberapa merk dagang yang dimiliki oleh perusahaan Adidas antara lain Reebok, Rockport, dan Taylor Made.

Perbedaan

Dari uraian singkat di atas, Anda pasti bisa mengetahui langsung apakah perbedaan antara Nike dan Adidas. Berikut ini perbedaan-perbedaannya versi Farof!

  1. Nike didirikan pada tahun 1964 dan Adidas dibangun pada tahun 1948.
  2. Pusat Nike berada di Jerman, Eropa sedangkan Adidas berpusat di AS, Amerika.
  3. Nike memiliki logo berupa tanda swoosh, sementara Adidas mempunyai logo berbentuk tiga baris paralel.
  4. Nike menyasar cabang olahraga basket dan lari, berbeda dengan Adidas yang berfokus pada tenis dan sepakbola.
  5. Tidak seperti Nike, Adidas juga memproduksi barang selain alat-alat olahraga dan perlengkapannya.