6 Perbedaan Samurai dan Ninja, Penasaran?

Tidak banyak orang yang mengetahui apakah perbedaan antara samurai dan ninja. Mayoritas orang awam menganggap samurai adalah ninja, demikian pula sebaliknya. Meskipun keduanya sama-sama merupakan prajurit Jepang yang mempunyai keahlian tinggi dalam bertarung dan pandai menerapkan ilmu karate, namun ternyata ada begitu banyak perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh samurai dengan ninja.

perbedaan-samurai-dan-ninja.jpg

Apa sajakah itu?

Samurai

Istilah samurai merujuk kepada perwira militer dari kalangan elit di Jepang pada masa sebelum zaman industrialisasi. Kata samurai berasal dari bahasa jepang kuno yaitu samorau dan berubah menjadi saburau yang artinya melayani. Jadi secara bahasa, kata samurai bisa diartikan sebagai pelayan bagi majikan.

Pada umumnya, samurai merupakan kaum ksatria Jepang yang mengabdikan dirinya kepada seorang daimyo/tuan. Sedangkan mereka yang tidak mempunyai tuan disebut ronin. Kekuatan utama samurai terletak pada rasa pengorbanan dan tekad diri yang sangat kuat. Selain itu, setiap anggota samurai juga wajib menjunjung tinggi nilai kehormatan kaumnya.

Ninja

Dalam bahasa jepang, kata ninja berasal dari kata nin (tersembunyi) dan sha (orang). Jadi ninja dapat diterjemahkan sebagai seseorang yang bergerak secara rahasia. Sebutan lain ninja ialah shinobi. Ia merupakan seorang tentara yang terlatih dalam menggunakan ninjutsu (seni pergerakan sunyi) dan biasanya bekerja menjadi mata-mata di Jepang pada zaman feudal. Seorang ninja terikat dengan ninpo (aturan ninja).

Kebanyakan ninja berasal dari kalangan kelas bawah seperti golongan rakyat biasa dan petani. Ninja umumnya dipekerjakan oleh daimyo sebagai seorang mata-mata profesional. Setiap ninja tidak mempunyai status yang mulia sehingga mereka bebas berbuat apa saja dalam mengentaskan suatu permasalahan tanpa terikat oleh kehormatan dan nama baik keluarga besar.

Perbedaan>

Ingin tahu apa bedanya samurai dan ninja? Cari tahu bersama Farof yuk!

  1. Samurai adalah tentara resmi dari Jepang yang mengabdikan diri pada seorang tuan, utamanya kaisar yang sedang berkuasa. Sebaliknya ninja merupakan tentara bayaran bagi siapa pun dan biasanya bertugas sebagai mata-mata.
  2. Latar belakang seorang samurai selalu berasal dari masyarakat golongan atas. Sedangkan kebanyakan ninja berasal dari masyarakat kelas bawah.
  3. Pakaian yang dikenakan oleh samurai berupa kimono yang mewah dan berwarna-warni. Berbeda dengan ninja yang hanya mengenakan pakaian berkelir hitam polos dan ketat yang menutupi seluruh tubuh, kecuali mata.
  4. Dalam bertarung, samurai terikat aturan yang bernama bushido yang harus ditaati dan dipatuhi. Sementara itu, ninpo tidak terlalu mengikat seorang ninja sehingga gaya bertarungnaya kerap dinilai tak lazim.
  5. Samurai merasa lebih terhormat bila saling berhadapan dengan musuhnya. Di sisi lain, ninja lebih berfokus ke serangan secara penyergapan dan sabotase. Ninja dikhusukan untuk dapat melarikan diri secepat mungkin dan hanya bertarung jika dalam keadaan gawat.
  6. Peralatan tempur yang dibawa samurai dan ninja juga berbeda. Samurai biasanya hanya mengandalkan dua buah pedang. Sedangkan ninja memiliki berbagai macam senjata, termasuk shuriken yang sangat terkenal itu.