Harus Tahu! 10 Perbedaan Duku dan Langsat

Tahukah Anda, sebenarnya antara duku dan langsat berasal dari tanaman yang sama yakni Lansium domesticum. Karena varietas keduanya tidak sama, maka penyebutan untuk masing-masing kelompok tanaman ini pun berbeda pula. Selain duku dan langsat, terdapat juga varietas lain dari spesies tanaman dari famili Meliaceae ini yaitu duku-langsat dan kokosan.

perbedaan-duku-dan-langsat.jpg

Duku

Tanaman duku berbentuk pohon besar yang dipenuhi dedaunan berwarna hijau cerah. Tandan buahnya berukuran pendek dan menampung tidak terlalu banyak buah duku. Ukuran buah duku cukup besar, berbentuk cenderung bulat, dan dibungkus oleh lapisan kulit tebal yang tidak terlalu banyak mengandung getah. Rasa buah duku manis sedikit masam dengan aroma khas yang kuat, berdaging tebal, dan bijinya kecil.

Pohon duku biasanya tumbuh di daerah yang berketinggian hingga 600 m dpl yang memiliki curah hukan 1500-2500 mm/tahun. Tanah yang disukainya mempunyai tekstur sedang, berdrainase lancar, mengandung banyak bahan organik, bersifat cenderung asam, dan menyimpan air tanah. Kebanyakan pohon duku berbuah sekali dalam setahun yakni pada akhir musim penghujan.

Langsat

Secara garis besar, pohon langsat berbentuk ramping cenderung kurus. Daunnya berwarna hijau tua dengan jumlah tidak terlalu banyak yang muncul dari percabangan tegaknya. Tandan buah ini berukuran panjang dan padat yang berisi 15-25 buah. Bentuk buah langsat agak oval dan ukurannya lebih besar. Buah langsat memiliki rasa masam sedikit manis serta berair. Bagian luarnya diselimuti oleh kulit buah berukuran tipis dan mengandung banyak getah.

Perbedaan

Catat perbedan-perbedaan antara duku dan langsat versi Farof berikut ini :

  1. Duku berasal dari varietas duku dan varietasnya langsat yaitu domesticum.
  2. Buah duku terasa manis, sedangkan buah langsat rasanya agak masam.
  3. Aroma buah duku lebih kuat daripada buah langsat.
  4. Dibandingkan dengan langsat, duku mempunyai daging buah yang lebih tebal dengan ukuran biji lebih kecil.
  5. Buah duku berbentuk bulat, sementara bentuk buah langsat bulat agak oval.
  6. Ukuran buah langsat lebih besar dibandingkan buah duku.
  7. Buah langsat mengandung lebih banyak getah, sebaliknya getah yang tersimpan di buah duku terhitung sedikit.
  8. Pohon duku jauh lebih besar daripada pohon langsat yang cenderung ramping.
  9. Pohon duku juga biasanya dipenuhi daun yang lebih lebat ketimbang pohon langsat.
  10. Berbeda dengan pohon langsat, pohon duku sama sekali tidakmenyukai genangan air.