Ini Perbedaan Chef dan Koki yang Mendasar

Apa sih perbedaan antara chef dan koki? Orang-orang yang memiliki profesi menjadi chef maupun koki biasanya bekerja di rumah makan atau restoran. Walaupun keduanya terlihat sama-sama sebagai juru masak, namun tahukah Anda kalau sebenarnya istilah chef dan koki merujuk pada dua buah pekerjaan yang berbeda.

perbedaan-chef-dan-koki.jpg

Chef

Kata chef berasal dari bahasa perancis yaitu chef de cuisine yang berarti kepala dapur. Jadi pengertian chef secara bebas adalah kepala koki. Gelar chef diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan masak-memasak secara khusus. Faktanya chef tidak hanya mengatur koki, tetapi juga besama-sama dengan seorang manager bertanggung jawab dalam mengelola restoran. Beberapa jenis chef antara lain pastry chef, cold-foods chef, vegetable chef, fry chef, grill chef, roast chef, fish chef, saute chef, dan sebagainya.

Di dalam karirnya, seorang chef akan melalui beberapa tingkatan profesi terlebih dahulu dari yang paling rendah cook helper/kitchen assistants, commis, demi chef, chef de partie, sous chef, hingga tertinggi yaitu executive chef. Kemampuan seorang chef dalam mengolah bahan makanan menjadi sajian yang sedap dan menggugah selera makan pun sudah diakui oleh organisasi resmi yang terkait.

Koki

Koki adalah sebutan untuk orang-orang yang pandai dalam memasak. Seseorang yang dipanggil koki tidak harus mendalami pendidikan terlebih dahulu. Melainkan sebutan ini diperoleh apabila kemampuan masak-memasaknya sudah diakui oleh berbagai kalangan. Kebanyakan koki lebih memilih fokus untuk mengolah beberapa makanan saja sehingga kemampuannya dalam memasak hidangan tersebut sudah tak diragukan lagi dan jauh lebih hebat daripada juru masak yang lainnya.

Perbedaan

Pada dasarnya, perbedaan mendasar antara chef dan koki terletak pada bagaimana gelar tersebut didapatkan. Seseorang yang ingin menjadi chef harus menempuh bangku pendidikan terlebih dahulu. Sedangkan seorang koki bisa belajar secara ododidak, yang terpenting kemampuannya dalam mengolah hidangan diakui oleh orang lain. Bisa dikatakan seorang chef pasti adalah koki, sementara tidak semua koki merupakan chef.