Inikah Perbedaan antara Kerang dan Tiram?

Apakah perbedaan antara kerang dan tiram? Kerang adalah binatang air yang tergolong dalam anggota hewan bertubuh lunak (moluska). Sedangkan tiram merupakan hewan air yang bercangkang kapur dan bentuknya relatif pipih. Meskipun kerang dan tiram sama-sama termasuk dalam fillum Moluska serta kelas Bivalvia, ternyata ada cukup banyak perbedaan yang dimiliki oleh keduanya.

Apa saja ya?

perbedaan-kerang-dan-tiram.jpg

Kerang

Pada umumnya, istilah kerang merujuk pada berbagai moluska yang hidup di lingkungan perairan, khususnya air asin. Kerang memiliki cangkang yang bertekstur halus dan bersih, bahkan ada pula yang mengkilap. Kerang senang berpindah-pindah tempat dengan memfungsikan kakinya seperti jangkar, lalu menarik tubuhnya. Kerang sering diolah menjadi bahan makanan karena rasanya yang sangat lezat.

Tiram

Kebanyakan tiram hidup dengan berdiam diri dan menempelkan tubuhnya ke permukaan karang. Tekstur cangkang yang dimiliki tiram tampak lebih kasar dan bergelombang. Walaupun bisa dimakan, namun mayoritas tiram lebih banyak dimanfaatkan sebagai media pertumbuhan mutiara. Habitat alami tiram meliputi lingkungan perairan payau hingga air asin.

Perbedaan

Dari uraian singkat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa perbedaan-perbedaan antara kerang dan tiram di antaranya :

  1. Kerang memiliki cangkang yang halus dan mengkilap, sebaliknya cangkang tiram bertekstur lebih kasar dan bergelombang.
  2. Kerang hanya dapat ditemuka di laut, sedangkan tiram hidup di perairan payau dan air asin.
  3. Tidak seperti kerang yang terus bergerak selama hidupnya, tiram lebih senang diam dan menempelkan dirinya pada karang.
  4. Kerang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, sementara tiram lebih banyak dipakai untuk media pembentukan mutiara.