Intip Perbedaan Pohon Cemara dan Pohon Pinus Yuk!

Apa sih perbedaan antara pohon cemara dengan pohon pinus? Sekilas, pohon cemara dan pohon pinus tampak mirip sekali ya. Keduanya sama-sama memiliki batang yang tumbuh tegak menjulang dengan rupa daun yang sangat identik. Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya pohon cemara itu berbeda dengan pohon pinus?

perbedaan-cemara-dan-pinus.jpg

Pohon Cemara

Cemara (Casuarina sp) adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Casuarinaceae. Pohon cemara mampu tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 40 m. Batangnya berbentuk silindris, tegak, berkayu, dan kasar serta memiliki percabangan monopodial dan berwarana putih kotor. Cemara mempunyai daun majemuk yang berbentuk jarum, berwarna hiaju, berbuku-buku, dan tersebar dengan panjang sekitar 10-15 cm.

Pohon cemara memiliki sistem perakaran berjenis tunggang yang kelirnya putih kotor. Bunga cemara merupakan bunga majemuk yang berwarna keputih-putihan, berbulir jantan silindris, dan tebalnya berkisar 1-1,5 mm. Sedangkan buah cemara memiliki bentuk agak kotak, warnanya keputih-putihan, dan berukuran panjang 5-6 cm dan lebar 2-3 cm. Serta biji cemara berbentuk pipih berwarna cokelat.

Pohon Pinus

Pinus (Pinus sp) tergolong sebagai salah satu anggota dari keluarga Pinaceae. Umumnya, tinggi pohon pinus sekitar 10-40 m dengan batang berkayu yang berbentuk bulat, keras, berwarna cokelat, memiliki kulit retak-retak yang beralur, serta bercabang horisontal. Daun hijau majemuk berbentuk seperti jarum yang panjangnya 10-20 cm, dan pangkalnya diselimuti selubung tipis yang menghiasi setiap cabang pohon ini.

Pinus mempunyai bunga majemuk strobilus yang berwarna cokelat dan bersisik dengan ujung yang lancip dan tumbuh tidak jauh dari tunas muda. Berbentuk kerucut yang mengandung perisai, buah pinus memiliki ujung jajaran genjang yang panjangnya sekitar 10 cm serta berkelir cokelat. Pinus juga memiliki biji yang berwujud oval, pipih, gampang terlepas, dan bersayap dengan panjang berkisar 7 mm dan berwarna putih kekuning-kuningan.

Perbedaan

Di bawah ini rangkuman dari 5 perbedaan pohon cemara dan pohon pinus!

  1. Daun pinus berbentuk pipih layaknya jarum yang panjang dan menyatu. Sementara daun cemara juga berbentuk seperti jarum tetapi ukurannya lebih pendek, berbuku-buku, dan tidak menyatu.
  2. Berbeda dengan pohon cemara, pohon pinus memiliki batang yang bertekstur retak-retak.
  3. Daun cemara berwarna hijau sepanjang tahun, sebaliknya daun pinus tidak.
  4. Buah cemara memiliki bentuk yang nyaris menyerupai runjung kecil. Sedangkan buah pinus berbentuk kerucut yang silindris.
  5. Di habitat alami, pohon cemara tumbuh di daerah pantai hingga dataran rendah. Tetapi pohon pinus justru memiliki habitat asli di dataran tinggi.