Ketahui Perbedaan Kuning Telur dan Putih Telur di Sini!

Semua telur ayam pasti mengandung kuning telur dan putih telur. Bagian yang disebut kuning telur adalah cairan kental berwarna kuning yang terletak di tengah-tengah telur dan umumnya berbentuk bulat. Kuning telur merupakan makanan utama bagi embrio ayam yang sedang berkembang. Sedangkan putih telur adalah cairan kental berwarna bening yang menyelimuti kuning telur. Bagian ini berfungsi untuk melindungi kuning telur dengan cara menutupinya.

Bagi manusia, telur ayam merupakan bahan makanan yang mengandung gizi sangat tinggi, terutama sebagai sumber lemak dan protein hewani. Menariknya kadar nutrisi yang tersimpan di dalam kuning telur dan putih telur berbeda lho. Kuning telur kaya akan asaml lemak esensial, karotenoid, vitamin (A, B6, B12, D, E, dan K), kalsium, fosfor, zinc, folat, thiamin, dan asam panthothenic. Sedangkan putih telur menyimpan protein yang sangat banyak dengan kadar lemak kolesterol yang rendah.

perbedaan-kuning-putih-telur.jpg

Kuning Telur

Kuning telur adalah sumber vitamin A yang tinggi, di mana warnanya dipengaruhi oleh kadar pigmen karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Menurut USDA, sebutir kuning telur mengandung sekitar 210 mg kolesterol, 2.7 g protein, dan 4.51 g lemak. Bagian ini juga menyimpan semua vitamin yang larut di dalam lemak serta sejumlah asam lemak. Ada pula zat lesitin yang juga terdapat di dalam kuning telur ini.

Putih Telur

Putih telur adalah sumber protein sebagai pendukung pertumbuhan serta zat peptide untuk mencegah penyebaran bakteri. Bahkan bagian ini mengandung lebih dari 40 macam protein dan nutrisi penting lainnya semisal kalsium, potasium, zinc, fosfor, dan lain-lain. Putih telur mampu meningkatkan pertumbuhan massa otot sebab menyimpan kadar asam amino yang tinggi.

Perbedaan

Apa sajakah perbedaan antara putih telur dan kuning telur? Berikut ini kesimpulannya :

  1. Putih telur berukuran lebih besar daripada kuning telur dan terletak di bagian luarnya.
  2. Secara alami, kuning telur berguna sebagai makanan utama embrio, sedangkan putih telur berfungsi untuk melindunginya.
  3. Putih telur banyak mengandung protein, sementara kandungan tertinggi dari kuning telur ialah lemak, vitamin, dan mineral.
  4. Putih telur bagus untuk membangun massa tubuh, dan kuning telur cocok sekali dikonsumsi ketika sedang diet.