Perbedaan Menguap dan Mendidih dalam Kimia

Pada dasarnya, perbedaan antara menguap dan mendidih terletak pada intensitas zat yang mengalaminya. Pada proses penguapan hanya permukaan zat cair saja yang menguap, sedangkan pada proses pendidihan seluruh bagian zat cair mendidih. Cairan yang menguap tidak harus mendidih sebab pada ruangan pun bisa terjadi proses ini. Sementara cairan yang mendidih lambat laun akan menguap menjadi uap air.

perbedaan-penguapan.jpg

Penguapan

Penguapan adalah proses perubahan wujud zat cair menjadi zat gas. Proses ini terjadi ketika permukaan air terpapar oleh molekul udara sehingga mengakibatkannya berubah bentuk menjadi uap air. Menurut Greg Bradburn, suatu cairan akan menguap bilamana ada peningkatan energi secara cepat. Oleh karena itu, kecepatan peningkatan energi ini sangat mempengaruhi laju penguapan dan jumlah cairan yang menguap.

Jika diamati lebih lanjut, dalam penguapan, pergerakan molekul-molekul air di dalamnya tidak sama. Beberapa molekul bergerak dengan kecepatan yang semakin meningkat, tetapi ada pula molekul yang bergerak lambat. Molekul yang berada di permukaan air tetap diam di tempat karena posisinya ditahan oleh molekul yang terletak di bawahnya. Sedangkan molekul yang ada di tengah-tengah akan ditahan oleh semua gaya yang berkerja di sisi wadah. Itulah kenapa molekul yang terletak di permukaan bakal mudah pecah dari cairan ke uap.

Pendidihan

Pendidihan adalah proses peningkatan temperatur yang terjadi pada cairan. Berbeda dengan penguapan, proses ini berlaku pada seluruh massa cairan. Pada saat tekanan uap air sama seperti tekanan yang diberikan oleh tekanan lingkungan, maka terjadi lah peristiwa pendidihan ini. Jalannya proses pendidihan berlangsung melalui tiga tahapan antara lain tahap nukleasi didih, tahap transisi didih, dan tahap film didih.

Mendidih hanya akan terjadi ketika suhu cairan lebih besar dibandingkan dengan titik didih zat cair tersebut. Proses ini seringkali menciptakan gelembung-gelembung udara akibat dari prosesnya yang kompleks. Saat diperhatikan dengan metode mikroskopis, gerakan molekul air pada pendidihan menunjukkan peningkatan yang menyebabkan terpisahnya molekul-molekul air ini.

Perbedaan

Apakah perbedaan antara mendidih dan menguap? Temukan jawabannya di bawah ini :

  1. Penguapan hanya terjadi pada permukaan zat cair. Tetapi pendidihan terjadi pada seluruh bagian zat cair tersebut.
  2. Secara prinsip, penguapan berlangsung dalam tempo yang lambat dan pendidihan berlangsung dalam waktu yang cepat sekali.
  3. Proses penguapan dapat terjadi pada berbagai macam temperatur. Sedangkan proses pendidihan hanya akan terjadi ketika temperaturnya lebih tinggi daripada titik didih.
  4. Molekul-molekul air akan bergerak tidak beraturan, ada yang cepat dan lambat, ketika menguap. Sementara saat mendidih, molekul-molekul air akan bergerak dengan kecepatan yang tinggi.
  5. Berbeda dengan penguapan, pendidihan zat cair menyebabkan terbentuknya gelembung air akibat prosesnya yang lebih kompleks.