Perbedaan Nutella dan Selai Kacang yang Belum Kamu Tahu

Tahu nggak sih, apakah perbedaan antara nutella dan selai kacang? Tepat sekali, nutella dan selai kacang sama-sama dikenal sebagai olesan makanan yang telah lama digunakan di seluruh belahan dunia. Sejarah mencatat, pemakaian selai kacang sudah dimulai sejak awal abad ke-19. Barulah satu abad kemudian, nutella ditemukan hingga pamornya mengalahakan saudara tuanya itu.

Disadari atau tidak, masyarakat di Amerika lebih banyak mengkonsumsi selai kacang daripada nutella. Sedangkan konsumsi akan nutella yang paling besar justru dilakukan oleh orang-orang di Eropa. Mengingat makanan pokok negara-negara di Asia kebanyakan adalah nasi, maka konsumsi nutella dan selai kacang di benua ini tidak terlalu signifikan.

perbedaan-nutella-selai-kacang.jpg

Nutella

Nutella adalah kudapan yang terbuat dari kacang hazelnut, kakao, susu skim, gula, dan minyak nabati. Bisa dibilang nutella merupakan hasil modifikasi dari gianduia, salah satu makanan khas Italia. Tokoh penting yang menemukan nutella ialah Pietro Ferrero pada tahun 1940-an.

Nutella begitu disukai karena selain rasanya lezat juga gampang dioleskan ke permukaan roti. Kandungan gizi yang paling banyak tersimpan di dalam nutella yaitu kalori dan lemak, di mana setiap 1 sendok teh nutella mengandung 100 kalori. Kadar gulanya juga cukup tinggi mencapai sekitar 10 gram/sendok teh. Begitu pula dengan kadar proteinnya hanya sebatas 3 gram/2 sendok teh.

Selai Kacang

Sesuai namanya, selai kacang merupakan olahan selai yang terbuat dari bahan kacang-kacangan, terutama kacang tanah. Rasa renyah dan halus didapat setelah memanggang kacang tanah bersama dengan minyak nabati, garam, dan gula. Selai kacang sudah dikonsumsi oleh masyarakat Eropa sejak awal abad ke-19. Marcellus Gilmore Edson adalah koki terkenal yang pandai membuat selai kacang kala itu.

Bahan bakunya yang terdiri atas kacang-kacangan memungkinkan kandungan protein pada selai kacang cukup tinggi yakni 4 gram/sendok makan. Penambahan gulanya yang sangat sedikit juga membuat kadar gula di dalam selai kacang rendah sekali hanya sebatas 1 gram/sdt. Sementara itu, kandungan kalori yang terdapat di dalamnya sekitar 80 kalori/sdt.

Perbedaan

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara nutella dan selai kacang di antaranya :

  1. Bahan utama untuk membuat nutella adalah kacang hazelnut, sedangkan pada selai kacang ialah kacang tanah.
  2. Selai kacang sudah ditemukan terlebih dahulu daripada nutella. Barulah seabad kemudian nutella ditemukan oleh Pietro Ferrero.
  3. Kebanyakan orang mengatakan rasa yang dimiliki nutella jauh lebih lezat daripada selai kacang.
  4. Sayangnya, nutella mengandung kalori dan kadar gula yang lebih tinggi daripada selai kacang.
  5. Selai kacang unggul dalam kandungan proteinnya yang mencapai dua kali lipat dari protein nutella.