Ternyata, Inilah 5 Perbedaan Zamrud dan Giok

Apakah perbedaan antara zamrud dan giok? Ada begitu banyak batu permata yang memiliki nilai begitu tinggi. Dua di antaranya ialah batu zamrud dan batu giok. Menariknya karena warnanya sama-sama hijau, tidak sedikit orang yang keliru menyebutnya. Batu zamrud dianggap sebagai batu giok, atau pun sebaliknya.

perbedaan-zamrud-dan-giok.jpg

Batu Zamrud

Karakteristik utama dari batu zamrud adalah mempunyai warna hijau pekat. Sebagai mineral silikat beril, batu ini mengandung banyak kromium serta sejumlah besi dan vanadium. Tingkat kekerasan yang dimilikinya berkisar antara 7,5-8 dalam skala Mohs.

Batu zamrud yang bermutu tinggi ditandai dari warnanya yang hijau cerah dan bersinar. Semakin hijau warna batu tersebut, maka harganya pun bakalan kian mahal. Teknik pemotongan juga berpengaruh besar terhadap kualitas batu zamrud. Berkat keindahannya itulah, batu ini sering menghiasi perhiasan-perhiasan mahal bersama dengan batu intan dan mutiara.

Batu Giok

Batu giok juga dihiasi dengan warna hijau yang cerah pada seluruh permukaannya. Batu ini banyak mengandung unsur kimia yang sangat berguna bagi tubuh contohnya besi, kalsium, magnesium, potasium, dan sebagainya. Oleh karena itu, batu giok sering dijadikan sebagai alat terpai kesehatan manusia.

Memang benar, selain daripada keindahannya, batu giok justru lebih banyak dimanfaatkan khasiatnya. Berbagai macam perhiasan yang juga sekaligus berguna untuk alat terapi dibuat dengan memakai bahan baku dari batu giok. Sebut saja mulai dari liontin kalung, gelang, jam tangan, hingga perabotan rumah tangga. Pantas saja bila harga sebutir batu giok terbilang cukup mahal ya.

Perbedaan

Di bawah ini daftar perbedaan antara batu zamrud dengan batu giok yang perlu Anda ketahui :

  1. Batu zamrud memiliki warna yang lebih hijau daripada batu giok.
  2. Batu zamrud juga mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan batu giok.
  3. Kandungan unsur mineral yang menyusun batu zamrud dan batu giok pun sangat berbeda.
  4. Batu zamrud biasa digunakan sebagai perhiasan, sedangkan batu giok lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan.
  5. Jika dilihat melalui jadeite/chelsea filler, batu zamrud tampak kemerah-merahan tetapu batu giok masih terlihat kehijau-hijauan.