Tiga Perbedaan Susu Kambing dengan Susu Sapi

Apakah perbedaan antara susu kambing dengan susu sapi? Cairan berwarna putih yang dihasilkan kelenjar susu mamalia dan mengandung nilai gizi yang tinggi dinamakan susu. Kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam susu meliputi protein, lemak, vitamin, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Manfaat susu yang paling utama antara lain mendukung pertumbuhan badan serta menopang tulang supaya tidak keropos.

Sebagai pengganti ASI, manusia sering memanfaatkan susu yang dihasilkan oleh binatang. Tidak hanya susu sapi, produk susu kambing pun kini semakin banyak dikonsumsi sehari-hari. Bahkan ada sebuah klaim yang menyebutkan kalau susu kambing jauh lebih bergizi dibandingkan dengan susu sapi. Namun apakah pendapat tersebut benar adanya?

susu-kambing-susu-sapi.jpg

Untuk mengetahuinya, mari kita menyimak perbedaan antara susu sapi dengan susu kambing berikut ini :

Pembeda I : Kandungan Protein

Ribadeau Dumas et, seorang ilmuwan yang berasal dari Perancis pernah melakukan penelitian untuk memeriksa sruktur molekuler yang dimiliki oleh susu sapi maupun susu kambing. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara struktur molekul dari kedua susu ini. Tidak hanya itu, kandungan kasein (protein dalam susu) yang terdapat di susu sapi dan susu kambing juga ternyata berbeda jauh.

Perbedaan kandungan protein inilah yang menyebabkan kenapa seseorang yang tidak toleran terhadap susu sapi masih bisa menerima susu kambing dengan baik. Bahkan kandungan curd tension yang tersimpan di dalam susu kambing yang lebih rendah daripada susu sapi membuat daya cernanya oleh tubuh pun menjadi lebih maksimal.

Pembeda II : Kandungan Lemak

Setiap gelas susu kambing mengandung sedikitnya 10 gram lemak. Sedangkan dalam porsi yang sama, susu sapi mengandung lemak sebanyak 8 gram. Jadi bisa disimpulkan kalau kandungan lemak jenuh pada susu kambing lebih banyak ketimbang pada susu sapi. Jika dinyatakan dalam prosentase, susu kambing mengandung 33% lemak jenuh dan susu sapi mengandung 23% lemak jenuh.

Pembeda III : Kandungan Vitamin

Kandungan vitamin A pada susu kambing adalah 10%, sedangkan pada susu sapi memiliki 8%. Namun jika dibandingkan dengan susu kambing, susu sapi lebih unggul pada kandungan vitamin B2 dan B12 yang tersimpan di dalamnya. Paling tidak, susu sapi mengandung 24% vitamin B2 dan susu kambing hanya sekitar 20%. Demikian pula dengan kandungan vitamin B12, susu sapi menyimpan 18% jauh lebih banyak daripada susu kambing yang mengandung vitamin B12 cuma 2,8%.