Perbedaan Kulkas Fridge, Freezer, dan Showcase

Apakah perbedaan antara kulkas fridge, freezer, dan showcase? Kulkas adalah perangkat elektronik yang dapat mendinginkan bahan makanan sehingga daya tahannya lebih lama. Terdapat tiga macam kulkas di antaranya fridge, freezer, dan showcase. Tahukah Anda, apakah perbedaan-perbedaan dari ketiga kulkas tersebut?

perbedaan-kulkas-dan-freezer

Pembeda 1 : Bentuk Perangkat

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara fridge, freezer, dan showcase. Fridge (kulkas biasa) dirancang dengan bentuk satu dan dua pintu. Begitu pula dengan freezer yang terdiri atas dua jenis yaitu deep freezer dan chest freezer. Model kulkas keluaran terbaru umumnya menyatukan fridge dan freezer dalam satu unit. Sedangkan showcase adalah kulkas yang dilengkapi pintu transparan sehingga isinya bisa dilihat dari luar.

Pembeda 2 : Suhu Maksimal

Suhu terendah maksimal yang dapat dicapai oleh ketiga kulkas ini juga berbeda-beda. Freezer lebih unggul karena mampu mendinginkan sampai 28 derajat celsius, terutama chest freezer. Sementara suhu pendinginan maksimal oleh fridge adalah 0 derajat celsius. Dan untuk showcase, suhu paling rendah yang bisa dibuatnya berkisar antara 0-10 derajat celsius.

Pembeda 3 : Daya Kapasitas

Showcase ditujukan untuk menyimpan makanan dan minuman kaleng sehingga tampak rapi dari luar dengan kapasitas muatan yang banyak. Freezer biasanya didesain melebar sehingga penataan makanan dan minuman di dalamnya dilakukan secara horizontal. Fridge dilengkapi dengan beberapa rak dan bagian yang didesain dengan bentuk khusus yang memungkinkan penataan bahan makanan lebih efisien, dikelompokkan, dan mudah ditemukan.

Pembeda 4 : Daya Listrik

Dari ketiga macam kulkas di atas, freezer lah yang paling hemat dalam menggunakan energi listrik. Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh fridge. Diikuti oleh showcase sebagai kulkas yang paling boros listrik. Perlu diketahui, kebutuhan pemakaian listrik juga dipengaruhi oleh intensitas buka-tutup pintu kulkas. Hal ini disebabkan ketika pintu kulkas dibuka, sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan mesin untuk bekerja keras kembali merendahkan suhu.

Pembeda 5 : Harga Beli

Selain dari tipenya, harga kulkas juga dipengaruhi oleh merk, desain, dan teknologi yang ditanamkan ke dalamnya. Saat ini, harga fridge satu pintu sekitar Rp1,2-2 juta dan fridge dua pintu berkisar Rp2-10 juta. Sedangkan harga chest freezer antara Rp2-5 juta. Lalu untuk showcase, harganya di kisaran Rp2,3-11 juta.

Perbedaan

Berikut ini kesimpulan dari uraian di atas yang menggambarkan perbedaan antara fridge, freezer, dengan showcase :

  1. Bentuk fridge terdiri atas satu pintu dan dua pintu, bentuk freezer yaitu deep freezer dan chest freezer, dan bentuk showcase dilengkapi pintu transparan.
  2. Fungsi utama fridge ialah menyimpan bahan makanan dan minuman, freezer untuk membekukan makanan dan es krim, dan showcase untuk menyimpan makanan dan minuman agar terlihat dari luar.
  3. Freezer mampu mencapai suhu yang paling dingin, kemudian diikuti oleh fridge, dan terakhir showcase.
  4. Konsumsi daya listrik yang paling hemat adalah freezer, lalu fridge, serta showcase.