Sepuluh Perbedaan Hotel dan Motel

Apakah perbedaan antara hotel dan motel? Terdapat berbagai macam bentuk penginapan yang ada di dunia. Beberapa di antaranya yaitu hotel dan motel. Sekilas antara hotel dan motel kelihatan mirip sekali. Tetapi tahukah Anda kalau ada begitu banyak perbedaan yang dimiliki oleh keduanya? Apa sajakah itu? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

hotel-dan-motel.jpg

Hotel

Kata hotel berasal dari bahasa prancis yaitu hostel yang berarti tempat penampungan untuk pendatang. Bisa juga diterjemahkan sebagai bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum. Secara prinsip, hotel menyediakan layanan jasa penginapan jangka panjang, makanan, dan fasilitas pendukung lainnya. Kebanyakan hotel didesain dengan konsep yang mewah untuk memanjakan para tamu yang datang berkunjung.

Bangunan hotel umumnya berbentuk gedung pencakar langit yang terdiri atas beberapa lantai. Pintu kamarnya selalu dibuat menghadap ke lorong yang menghubungkan masing-masing ruangan. Para pekerja yang bertugas di sini sangat lah banyak, terampil, dan terbagi menjadi beberapa kelompok menurut tanggung jawabnya.

Motel

Kata motel terbentuk dari gabungan motorist dan hostel yang artinya penginapan untuk para pengendara sepeda motor. Pada awal pendiriannya, motel memang sengaja diperuntukkan kepada pemotor yang membutuhkan tempat penginapan yang praktis saat malam hari. Itulah kenapa, kebanyakan motel mempunyai halaman yang luas dan setiap ruangannya selalu dilengkapi dengan tempat parkir khusus.

Motel dirancang dengan konsep sederhana dan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang dasar seperti kamar tidur serta makanan. Harga sewa yang dibandrolkan juga lebih miring karena memang tidak ada fasilitas mewah yang terdapat di sini, kecuali untuk motel yang sudah dikostumisasi. Staf yang bekerja pun terhitung sedikit biasanya hanya resepsionis, houskeeper, dan security.

Perbedaan

Apa sih bedanya hotel dan motel?

  1. Kebanyakan hotel disewa dalam jangka waktu yang lama, sedangkan penyewa motel umumnya tidak lebih dari 3 hari.
  2. Hotel memberikan tempat tinggal yang mewah, sementara motel menawarkan kepraktisan.
  3. Berbeda dengan motel, bangunan hotel terdiri atas beberapa lantai.
  4. Kamar hotel menghadap ke lorong dan kamar motel menghadap ke halaman.
  5. Harga sewa hotel jauh lebih mahal dibandingkan dengan motel.
  6. Jumlah pekerja di hotel lebih banyak daripada staf di motel.
  7. Biasanya hotel dikelola oleh perusahaan, tetapi motel lebih banyak dimiliki perseorangan.
  8. Hotel dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang komplit, sebaliknya fasilitas penunjang motel tidak terlalu banyak.
  9. Tidak seperti kamar motel, setiap kamar di hotel pun selalu mempunyai fitur-fitur mewah dan sangat memanjakan penggunanya.
  10. Hotel memiliki tingkatan kelas mulai dari bintang satu hingga bintang lima, sedangkan motel tidak ada.