7 Perbedaan Sumur Gali dan Sumur Bor

Apakah perbedaan antara sumur gali dan sumur bor? Air merupakan kebutuhan dasar setiap makhluk hidup. Air yang layak pakai bisa kita peroleh dari PDAM atau sumur. Jika Anda memutuskan untuk membuat sumur, ada dua jenis sumur yang bisa dipilih yaitu sumur gali dan sumur bor. Mau tahu apakah perbedaan dari kedua sumur ini?

sumur-gali-dan-bor.jpg

Sumur Gali

Sumur gali adalah sumur yang dibuat dengan menggali tanah hingga kedalaman tertentu sampai didapatkan sumber air. Diameter sumur ini biasanya dibuat sekitar 1-1,5 m sehingga memudahkan pekerjaan penggalian yang umumnya masih dilakukan secara manual. Diameter yang lebar juga memungkinkan debit air yang dapat ditampungnya lebih banyak dan perawatannya pun lebih mudah. Hanya saja ukuran lingkar tengah yang besar ini juga menyebabkan sumur gali terlalu banyak memakan tempat.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sumur gali tidak terlalu rumit dengan proses pengerjaan yang juga cukup sederhana. Besar biaya pembuatannya tergantung dari kondisi tanah di lingkungan tersebut, semakin banyak bebatuan maka biayanya pun akan semakin mahal. Sayangnya sumur gali yang dibuat dengan ukuran yang cukup dangkal mengakibatkannya gampang tercemar. Hasil airnya pun kadang-kadang tidak terlalu jernih dan rawan ditumbuhi ganggang bila sumur dibiarkan tetap terbuka.

Sumur Bor

Sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan mengebor tanah hingga kedalaman tertentu yang mengandung air tawar yang layak pakai. Pembuatan sumur bor biasanya dilakukan dengan bantuan mesin bor khusus. Sebagai saluran airnya digunakan pipa-pipa paralon yang berdiameter 5 inci. Rata-rata tingkat kedalaman sumur ini berkisar antara 5-10 meter.

Proses pengerjaannya yang dibantu memakai mesin membuat pengerjaan sumur bor ini lebih cepat selesai, tetapi biaya yang dikeluarkan pun lebih mahal. Benefit lainnya ialah air tidak mudah tercemar oleh kondisi lingkungan di sekitarnya karena terletak jauh di bawah tanah. Pompa air yang digunakan untuk menyedot air sumur bor juga harus dilengkapi dengan tenaga jet.

Perbedaan

Simak perbedaan-perbedaan antara sumur gali dengan sumur bor versi Farof di bawah ini :

  1. Sumur gali dibuat dengan menggali tanah secara manual, sedangkan pembuatan sumur dilakukan memakai bantuan mesin bor.
  2. Diameter sumur gali lebih besar daripada sumur bor dengan tingkat kedalaman yang lebih dangkal. Diameter sumur gali berkisar 1-1,5 m dengan kedalaman 3-5 m, sementara diameter sumur bor sekitar 5 inci dengan kedalaman lebih dari 10 m.
  3. Ukurannya yang besar menyebabkan sumur gali memakan banyak tempat sehingga dibutuhkan ruang khusus. Berbeda halnya dengan sumur bor yang hanya memerlukan sebidang tanah yang berukuran sejengkal tangan.
  4. Proses pengerjaan sumur gali lebih sederhana dan menggunakan peralatan yang lebih sedikit daripada sumur bor.
  5. Air yang dihasilkan oleh sumur bor biasanya lebih baik dibandingkan dengan sumur gali dan lebih aman karena sulit tercemar.
  6. Pompa air yang melengkapi sumur bor memiliki tenaga hisap yang lebih kuat ketimbang pompa air pada sumur gali.
  7. Rata-rata biaya pembuatan sumur gali lebih murah daripada sumur bor, kecuali untuk daerah yang sedikit mengandung air.