Perbedaan Jambu Kristal vs Jambu Mutiara

Apakah perbedaan jambu kristal vs jambu mutiara? Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu berlimpah. Dua di antaranya yaitu tanaman jambu kristal dan tanaman jambu mutiara. Sebenarnya dua varietas tanaman jambu biji ini sama-sama berasal dari Negara Taiwan. Namun karena sudah dikembangkan cukup lama dan dibudidayakan secara massal, pemerintah pun memasukkan keduanya dalam kategori buah Nusantara.

Karena mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan, tidak terlalu sulit kok untuk membedakan jambu kristal dan jambu mutiara, terutama dari segi buahnya ya.

perbedaan-jambu-kristal-mutiara.jpg

Jambu Kristal

Jambu kristal mempunyai buah yang berbentuk bulat agak gepeng atau bulat tidak simetris, sekilas menyerupai buah apel. Bobot buah ini mulai dari 100 gram hingga 500 gram. Tetapi buah jambu kristal yang sangat diminati oleh pasaran mempunyai berat sekitar 250-300 gram. Kulit buahnya berwarna hijau muda dan kandungan bijinya tidak lebih dari 3% dari total beratnya. Saat dimakan, daging buah jambu ini memiliki tekstur yang empuk dan cukup renyah.

Jambu Mutiara

Bentuk jambu mutiara ialah bulat dan agak memanjang mirip seperti buah pir. Postur buahnya pun tampak lebih simetris, permukaannya mengkilap dan mulus, serta ukurannya lebih besar. Rata-rata berat buah jambu mutiara berkisar antara 200-500 gram, bahkan ada pula yang bobotnya mencapai 1 kg. Ketika dibelah, bagian dalam jambu ini mengandung biji yang cukup banyak dan membentuk pola layaknya bunga. Menariknya lagi, biji jambu mutiara bertekstur krispi sehingga dapat dikonsumsi sekalian tanpa mengganggu kenikmatannya.

Pohon jambu mutiara juga mempunyai daya tahan yang bagus, terutama dari serangan hama dan penyakit. Tanaman ini bisa dibudidayakan di dataran rendah sampai dataran tinggi yang memiliki suhu udara yang dingin. Dengan teknik perawatan yang mudah, rasa buah yang lebih manis, dan nilai ekonomis yang cukup tinggi membuat tanaman jambu mutiara ini menjadi primadona bagi kalangan para petani.

Perbedaan

Apa sih bedanya antara jambu kristal dengan jambu mutiara?

  1. Jambu kristal berbentuk bulat menyerupai buah apel. Sedangkan bentuk jambu mutiara ialah bulat lonjong seperti buah pir.
  2. Jambu mutiara mempunyai permukaan yang bertekstur lebih mulus dan mengkilap ketimbang jambu kristal.
  3. Rata-rata ukuran jambu mutiara yang layak panen lebih besar daripada jambu kristal dengan bobot yang lebih berat pula.
  4. Kandungan biji pada jambu kristal jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jambu mutiara. Namun biji jambu mutiara enak dimakan.
  5. Tanaman jambu mutiara memiliki daya tahan yang lebih tinggi daripada jambu kristal, baik terhadap kondisi lingkungan maupun serangan hama dan penyakit.