Perbedaan Lampu HID dan LED Motor

Apakah perbedaan antara lampu HID dan lampu LED? Tidak sedikit para pemilik sepeda motor yang mengganti lampu standarnya dengan lampu HID atau lampu LED. Alasannya selain untuk meningkatkan kecerahan sinar yang dihasilkan, pemakaian kedua lampu modifikasi ini pun dapat meningkatkan gengsi kendaraan. Tak ayal, ada banyak dari kalangan motor mania yang berlomba-lomba memperbaharui lampu tunggangannya.

perbedaan-lampu-hid-dan-led.jpg

Lampu HID (High Intensity Discharge)

Lampu HID dikenal pula sebagai lampu xenon. Prinsip kerjanya yaitu menghasilkan sinar dan cahaya dengan metode busur listrik. Awalnya dua elektrode tungsten diletakkan di dalam leburan kuarsa/alumina tabung transparan. Tabung tersebut kemudian diisi dengan gas xenon, garam logam, dan tegangan tinggi yang dialirkan di antara elektrode untuk menciptakan busur.

Selanjutnya busur tadi akan memanaskan dan menguapkan garam logam sehingga membentuk plasma. Dengan teknik ini, cahaya yang dihasilkan akan memiliki intensitas yang tinggi serta konsumsi dayanya menurun. Setiap lampu HID dilengkapi dengan ballast yakni sebuah resistor/kapasitor yang ditanamkan ke dalam rangkaian lampu untuk mengontrol tegangan yang dimasukkan ke kapsul gas pada lampu.

Lampu LED (Light Emitting Diode)

Lampu LED adalah lampu yang bekerja dengan memanfaatkan sifat diode dari bahan semikonduktor. Pada saat arus listrik melintasi diode yang bertindak sebagai sumber cahaya, elektron-elektron akan menyatu kembali dengan lubang di dalam perangkat untuk melepaskan energi dalam wujud foton. Foton inilah yang selanjutnya akan bertugas sebagai pemancar cahaya.

Lampu LED memiliki kelebihan pada daya tahannya yang lebih lama dan konsumsi listriknya yang lebih sedikit. Lampu ini juga bisa langsung menyala ketika mesin pertama kali dihidupkan. Sayangnya sinar yang dihasilkan oleh lampu LED tidak terlalu cerah.

Perbedaan

Jika ditinjau dari berbagai aspek, berikut ini perbedaan-perbedaan antara lampu HID dan lampu LED versi Farof!

  • Lampu HID memiliki kelebihan pada sinar yang dihasilkannya sangat terang. Sedangkan keunggulan lampu LED terletak pada ketahanan dan penghematan dayanya.
  • Tingkat kecerahan lampu HID secara umum lebih tinggi daripada lampu LED. Rata-rata lampu HID mampu menghasilkan sinar yang berkisar antara 6000-8000 lumen sehingga dapat menembus hujan dan kabut.