5 Perbedaan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Apakah perbedaan antara ikan manfish jantan dan betina? Ikan manfish adalah ikan air tawar yang biasa dijadikan sebagai ikan hias karena keelokan tubuh yang dimilikinya. Ikan ini mempunyai badan yang tipis serta bersirip panjang, terutama pada bagian punggung, perut, dan ekornya. Warna ikan ini juga sangat variatif seperti putih, perak, hitam, jingga, dan sebagainya.

Meskipun banyak dijual di toko-toko ikan hias dan sering menjadi primadona, tetapi pamor ikan manfish belum begitu dikenal oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan harga seekor ikan manfish terbilang cukup mahal. Namun demikian, pemeliharaannya yang mudah pun membuat ikan ini memiliki penggemarnya tersendiri.

perbedaan-ikan-manfish.jpg

Tidak terlalu sulit kok untuk membedakan ikan manfish, baik yang berjenis kelamin jantan maupun betina. Bahkan Anda cukup memperhatikan karakteristiknya dari kejauhan, tidak perlu dipegang. Syaratnya ikan tersebut harus berumur sekurang-kurangnya 6 bulan. Simak ciri-ciri keduanya sebagai berikut!

Ikan Manfish Jantan

Ikan manfish jantan memiliki ciri-ciri utama berupa adanya tonjolan pada kepala bagian atas menyerupai ikan gurame. Pada usia yang sama, ukuran tubuhnya pun lebih besar daripada ikan manfish betina. Jika diperhatikan dengan seksama, si penjantan ini juga dihiasi dengan warna yang lebih cerah pada sekujur tubuhnya. Warna tersebut akan terlihat semakin cerah manakala ikan telah matang secara kelamin dan siap memasuki masa pemijahan.

Ikan Manfish Betina

Berbeda dengan ikan manfish betina, ikan ini memiliki kekhasan pada bentuk tubuhnya yang membulat dengan bagian perut yang agak gendut. Bentuk kepala bagian atasnya juga datar alias tidak menonjol ke atas. Apabila diamati, warna ikan manfish betina ini pun lebih kusam dan tidak akan berubah menjadi lebih cerah ketika sudah matang secara gonad. Perbedaan lainnya adalah ikan manfish betina mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan manfish jantan.

Perbedaan

Catat perbedaan-perbedaan antara ikan manfish jantan dan betina di bawah ini :

  1. Ikan manfish jantan berukuran lebih besar daripada ikan manfish betina.
  2. Ikan manfish jantan memiliki warna yang cerah, sedangkan ikan manfish betina berwarna kusam.
  3. Bentuk tubuh ikan manfish jantan adalah memanjang, berbeda dengan ikan manfish betina yang mempunyai tubuh yang berbentuk membulat.
  4. Bentuk kepala bagian atas ikan manfish jantan yaitu menonjol, sementara ikan manfish betina datar.
  5. Pada saat telah matang secara gonad, warna ikan manfish jantan menjadi lebih cerah, tetapi warna ikan manfish betina masih sama.