Ini Dia Beda Sarung Jok dengan Jok Paten

Apakah perbedaan antara sarung jok dengan jok paten? Tidak sedikit para pemilik mobil yang belum mengetahui apa itu sarung jok dan jok paten. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang bertandang ke bengkel, tetapi merasa bingung sendiri jika dihadapkan kepada tipe-tipe cover di atas. Di satu sisi ingin memilih sarung jok, namun di sisi lainnya merasa bimbang apakah cover tersebut memang benar-benar sesuai untuknya.

Memang benar, pada dasarnya antara sarung jok dan jok paten mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai cover pada jok mobil. Menariknya, ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh keduanya antara lain :

beda-sarung-jok-paten.jpg

Sarung Jok

Istilah sarung jok merujuk kepada cover yang tidak bersifat permanen. Jadi dalam penerapannya, sarung ini cukup diselimutkan saja menutupi jok tanpa Anda harus repot melepaskan cover jok bawaan mobil terlebih dahulu. Itulah kenapa beberapa orang juga sering menyebut cover ini sebagai sarung jok nonpaten.

Ketika Anda membeli sebuah sarung jok, penjual akan membuatkan sarung yang memiliki ukuran dan bentuk sesuai dengan spesifikasi jok tersebut. Hal ini dikarenakan setiap jok mobil mempunyai ukuran, bentuk, dan pola lekuk yang berbeda-beda. Biasanya sarung jok ini dilengkapi dengan pengait berupa tali karet, kancing, atau resleting yang berguna untuk memasangkannya ke jok.

Meskipun praktis dan lebih murah, sayangnya sarung jok mempunyai beberapa kekurangan. Di antaranya yaitu bentuknya tidak bisa persis mengikuti setiap lekukan busa sehingga jok yang dipasangi sarung ini akan kelihatan datar-datar saja. Sarung jok juga bisa merusak cover jok asli jika pengait yang menyertainya berkualitas rendah dan menimbulkan gesekan yang kasar.

Jok Paten

Sementara itu, istilah jok paten adalah cover yang dapat digunakan untuk mengganti cover standar mobil Anda. Cara pemasangan cover jok paten ini yaitu Anda perlu melepas cover jok bawaan terlebih dahulu, kemudian pasanglah cover ini. Kebanyakan jok paten terbuat dari bahan synthetic serta genuine leather.

Perancangan jok paten juga umumnya dilakukan dengan sangat teliti sehingga bentuknya persis seperti jok. Jadi jok paten ini mampu menutupi jok dengan sempurna. Semua lekukan jok mobil akan tetap terlihat sehingga kesan yang ditampilkannya pun jauh lebih bagus daripada Anda menutupi jok menggunakan sarung. Tetapi Anda jangan kaget kalau ternyata harga jok paten ini jauh lebih mahal.

Perbedaan

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara sarung jok dan jok paten, yaitu :

  1. Dalam pemasangannya, sarung jok cukup diselimutkan ke kursi jok menutupi cover bawaan. Sedangkan untuk memasang jok paten, Anda harus melepas cover bawaan terlebih dahulu, barulah kemudian jok paten ini dipasang.
  2. Kesan yang ditampilkan oleh jok paten lebih bagus daripada sarung jok. Jok paten mampu mempertahankan desain jok dengan sempurna. Sementara sarung jok hanya menutupi jok saja sehingga tampilannya pun terlihat datar.
  3. Harga rata-rata jok paten di pasaran Indonesia jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga sarung jok.