Perbedaan Kuda dan Zebra Selengkapnya

Apakah perbedaan antara kuda dan zebra? Kebanyakan orang hanya mengetahui kalau bedanya kuda dengan zebra adalah warna pada tubuhnya. Kuda berwarna polos baik itu cokelat, hitam, ataupun putih. Sedangkan zebra memiliki warna belang-belang yakni perpaduan antara hitam dan putih.

Kuda dan zebra memang mempunyai postur tubuh dan karakteristik yang sangat mirip. Hal ini karena keduanya sama-sama berasal dari famili Equidae. Binatang lain yang termasuk ke dalam famili ini ialah keledai (Equus asinus) dan onager (Equus hemionus). Lantas apa saja sih perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh kuda dan zebra? Simak penjelasannya sebagai berikut!

perbedaan-kuda-dan-zebra.jpg

Kuda

Kuda (Equus caballus) adalah hewan yang termasuk dalam famili Equidae dengan genus Equus. Binatang ini biasanya dipelihara untuk dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi dan alat pengangkut barang. Hal ini dikarenakan kuda mempunyai struktur tulang yang sangat kuat. Di beberapa daerah, hewan ini juga sering dijadikan sebagai sumber makanan.

Kuda diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah dan Asia Utara. Binatang sudah diternakkan sejak tahun 4500 SM. Kuda memiliki bobot tubuh yang berkisar antara 590-907 kg. Beberapa jenis kuda antara lain kuda arab, kuda morgan, kuda quarter, kuda paint, kuda thouroughbred, kuda clydesdale, kuda draft, kuda pecheron, dan kuda shire.

Zebra

Zebra (Equus zebra) adalah binatang dari keluarga Equidae di dalam genus Equus. Zebra mempunyai kekhasan pada warna bulu tubuhnya yang belang-belang, kombinasi antara hitam dan putih. Hal ini berguna untuk membantunya terhindar dari serangan para predator. Belang-belang pada tubuh zebra ini tergolong warna disruptif, di mana apabila jumlahnya banyak maka warna tersebut dapat mengaburkan pandangan mata.

Berdasarkan habitatnya, terdapat 3 spesies zebra di antaranya zebra gunung, zebra dataran, dan zebra primitif. Zebra dipercaya berasal dari kawasan Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Habitat alaminya terletak di padang rumput savana dan stepa hingga area di pinggiran hutan. Beberapa jenis zebra yaitu zebra burchell, zebra grevy, dan zebra equus.

Perbedaan

Nah, berikut ini merupakan perbedaan yang dimiliki antara kuda dengan zebra, antara lain :

  1. Tubuh kuda berwarna polos yaitu hitam, putih, cokelat, atau kelabu. Sedangkan warna bulu pada zebra ialah belang-belang hitam dan putih.
  2. Kuda merupakan binatang ternak. Hal ini berbeda dengan zebra yang tergolong hewan liar.
  3. Kuda mempunyai struktur tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan zebra.
  4. Kuda berasal dari kawasan Asia Tengah dan Asia Utara. Zebra berasal dari Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur.
  5. Rata-rata kuda mempunyai ukuran dan bobot yang lebih besar daripada zebra.