5 Perbedaan Penting antara File dan Folder

Anda tentu pernah mendengar istilah file dan folder dalam kehidupan sehari-hari kan? Tepat sekali. Kedua istilah ini memang sama-sama berhubungan dengan komputer. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan file itu? Apa pula pengertian dari folder? Tidak kalah penting, apakah Anda sudah tahu perbedaan antara file dan folder?

Jika dianalogikan dengan koran, majalah, atau tabloid yang ada di dalam sebuah rak buku, maka file bisa diibaratkan sebagai buku-buku tadi. Sedangkan folder adalah lemari yang menjadi tempat penyimpanannya agar susunannya rapi sehingga gampang dicari. Nah biar lebih jelas, silakan simak uraian sebagai berikut!

perbedaan-file-dan-folder.jpg

File

File adalah kumpulan data dan informasi yang diberikan penamaan secara digital. Data tersebut bisa berupa teks, gambar, video, program, presentasi, game, lagu, aplikasi, dan lain-lain. Nama file selalu terdiri atas dua kelompok yaitu nama file itu sendiri dan ekstensi yang dimilikinya. Ekstensi merupakan kode berupa deretan huruf yang dibuat otomatis oleh program sesuai standarnya. Contoh-contoh ekstensi yaitu doc, jpg, mp3, apk, avi, exe, xls, dan sebagainya.

Beberapa pengertian file menurut para ahli di antaranya :

  • Hendrayudi : file adalah data-data yang tersimpan di dalam media yang memiliki informasi berupa nama file, tanggal penyimpanan file, ciri file, dan atribut file.
  • Rachmat Hakim S : file adalah dokumen yang mengandung informasi tertentu yang bisa dibuka menggunakan program yang sesuai.
  • Edi S. Mulyati : file adalah urutan data yang dipakai untuk melaksanakan encode informasi digital untuk keperluan penyimpanan dan pertukaran data.
  • Sindhunata : file adalah kumpulan catatan arsip.
  • Mc Leod : file adalah koneksi record yang saling berhubungan seperti sebuah file dari sebuah record yang berisi filed kode-kode.

Folder

Folder merupakan tempat penyimpanan data secara digital. Dengan disimpan di dalam folder, susunan data akan lebih rapi dan mudah ditemukan. Berbeda halnya dengan file, folder sama sekali tidak mempunyai ekstensi. Folder yang berada di dalam sebuah folder disebut subfolder. Beberapa orang juga biasa menyebut folder awal/folder induk sebagai parent folder. Sedangkan sebutan lain untuk subfolder ialah child folder.

Perbedaan

Apa sajakah perbedaan-perbedaan yang dimiliki antara file dengan folder? Catat poin-poin di bawah ini!

  1. Pada hakikatnya, file adalah data dan folder merupakan tempat penyimpanan data.
  2. File selalu mempunyai ekstensi sesuai dengan jenis datanya. Tetapi folder tidak memilikinya.
  3. Icon yang ditunjukkan file tergantung ekstensinya. Sedangkan icon folder selalu sama selama pengaturan komputer masih standar.
  4. Folder bisa diisi dengan beberapa file. Sementara file berisi informasi.
  5. Dikenal istilah subfolder, namun tidak ada istilah subfile.