6 Perbedaan Yamaha Mio Z dan Mio M3

Apakah perbedaan-perbedaan antara Yamaha Mio Z dan Mio M3? Seperti kita ketahui, Mio M3 dan Mio Z sama-sama merupakan sepeda motor jenis matic yang diproduksi oleh Yamaha. Yamaha Mio M3 diluncurkan pertama kali pada tahun 2014, sedangkan Mio Z pada tahun 2016. Sejatinya kedua kendaraan roda dua tersebut juga sengaja diciptakan untuk menantang Honda Beat di kelas sepeda motor entry-level.

Tetapi, apa sih perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh kedua sepeda motor matic ini?

perbedaan-yamaha-mio-z.jpg

Yamaha Mio M3

Yamaha Mio M3 adalah sepeda motor buatan Yamaha yang diperkenalkan pada tahun 2014. Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas silinder 125 cc dan teknologi Blue Core. Sehingga performanya pun akan semakin mantap dan irit bahan bakar. Mio M3 juga mempunyai desain yang simple, trendy, dan sporty dengan enam pilihan warna cerah yaitu hitam, putih, pink, kuning, biru, dan merah.

Yamaha Mio Z

Yamaha Mio Z juga merupakan sepeda motor buatan Yamaha yang dirilis pada tahun 2016. Motor ini merupakan generasi terbaru dari Mio. Tidak jauh berbeda dengan M3, Mio Z juga dilengkapi dengan mesin berukuran 125 cc dan teknologi Blue Core. Ukuran ban yang dimiliki oleh Mio Z lebih lebar dengan maksud untuk meningkatkan akselerasi motor. Yamaha Mio Z hadir dengan dua variasi warna doff yaitu hitam dan putih.

Perbedaan

Apakah perbedaan-perbedaan antara Yamaha Mio M3 dan Mio Z? Berikut ini versi Farof selengkapnya!

  1. Yamaha Mio Z dibekali dengan ban depan dan ban belakang yang berukuran lebih lebar dari punyanya Yamaha Mio M3. Mio Z mempunyai ban depan berukuran 80/80-14 dan ban belakang berukuran 100/70-14. Ukuran tersebut tentu lebih lebar dengan milik M3 yaitu ban depan 70/90-14 dan ban belakang 80/80-14.
  2. Semakin besarnya penggunaan ban pada Yamaha Mio Z berimbas pula pada pemakaian velg yang lebih lebar. Meskipun begitu, perbedaan velg Mio Z dan Mio M3 ini hanya terletak pada ukurannya saja. Sedangkan bentuk palangnya sama sekali tidak berubah.
  3. Karena pemakaian ban dan velg yang lebar, Mio Z juga harus dipersenjatai dengan sepatbor depan yang ukurannya lebih besar. Apabila dipaksakan masih menggunakan sepatbor yang sama dengan Mio M3, hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya gesekan antara ban dan sepatbor.
  4. Perbedaan keempat terletak pada warna suspensi belakang kedua sepeda motor ini. Seperti kita tahu, Yamaha Mio M3 telah mendapatkan suspensi standar yang berwarna hitam. Berbeda dengan Mio Z yang warna suspensi standarnya adalah merah. Sayangnya bentuk dan tingkat keempukan suspensi tersebut tidak jauh berbeda.
  5. Selanjutnya ialah perbedaan pada stripping dan warna bodi. Seperti pada penjelasan di atas, Mio M3 tersedia dalam enam pilihan warna yang cerah dan mengkilap yaitu hitam, putih, merah, biru, pink, dan kuning. Sementara itu, Mio Z dihiasi dengan dua pilihan warna yakni hitam atau putih dari jenis warna doff.
  6. Tentu saja harga kedua sepeda motor ini juga tidak sama. Saat ini, Yamaha Mio M3 on the road dihargai di kisaran Rp14,7 jutaan. Sementara untuk Yamaha Mio Z sebagai generasi baru dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni sekitar Rp15,1 jutaa