Apa Perbedaan Serigala dan Rubah?

Apakah perbedaan antara serigala dengan rubah? Tahukah Anda, serigala dan rubah masih merupakan satu kerabat di dalam famili Canidae. Itulah kenapa postur tubuh keduanya memiliki rupa yang sangat mirip. Serigala merupakan anggota genus Canis, sedangkan rubah adalah anggota dari genus Vulpes.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), serigala ialah binatang liar yang bentuknya seperti anjing dan warna bulunya kuning kelabu. Masyarakat di Indonesia juga sering menyebut serigala sebagai anjing hutan. Sementara itu, rubah yaitu binatang jenis anjing, bermoncong panjang, makanannya daging, ikan, dan sebagainya.

perbedaan-serigala-dan-rubah.jpg

Serigala

Serigala (Canis lupus) adalah hewan mamalia karnivora dalam famili Canidae yang termasuk genus Canis. Rata-rata serigala memiliki tinggi berkisar antara 60-80 cm dengan bobot sekitar 23-59 kg. Serigala merupakan binatang nokturnal yang biasa memburu mangsanya di malam hari. Kadang-kadang hewan ini juga akan mengeluarkan suara lolongan untuk berkomunikasi dengan kelompoknya. Beberapa jenis anjing mempunyai rupa menyerupai serigala seperti anjing Alaskan Malamute dan Siberian Husky.

Rubah

Rubah (Vulpes vulpes) adalah binatang omnivora yang memiliki postur tubuh yang kecil. Ia termasuk hewan yang oportunis dan mau memangsa hewan apapun yang ada di sekitarnya. Bahkan rubah juga gemar memakan buah-buahan. Secara umum, berat badan rubah mencapai 11 kg dengan panjang tubuh sekitar 86 cm dan panjang ekor 55 cm. Hewan ini merupakan salah satu anggota dari famili Canidae di genus Vulpes. Rubah terkenal sebagai pelari yang handal.

Perbedaan

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara serigala dan rubah yaitu :

  1. Meskipun sama-sama merupakan anggota dari suku Canidae, kedua binatang ini berasal dari genus yang berbeda. Serigala masuk di genus Canis dan rubah masuk di genus Vulpes.
  2. Serigala merupakan binatang karnivora yang hanya mau memangsa daging hewan buruannya. Di sisi lain, rubah adalah binatang omnivora yang oportunis. Ia mau memakan bahan makanan apapun di sekitarnya, termasuk serangga dan buah-buahan.
  3. Rata-rata postur tubuh serigala lebih besar dibandingkan dengan rubah. Serigala mempunyai bobot 23-59 kg dengan tinggi 60-80 cm. Sebaliknya, berat tubuh rubah hanya mencapai 11 kg dengan panjang tubuh 86 cm dan panjang ekor 55 cm.
  4. Serigala adalah hewan yang terbiasa hidup secara berkelompok. Sementara itu, rubah memiliki sifat penyendiri. Ia memiliki pola hidup secara menyendiri.
  5. Rubah memiliki moncong yang berukuran panjang dan sempit. Berbeda halnya dengan serigala yang mempunyai moncong normal layaknya anggota Canidae lainnya.
  6. Jika diadu kecepatan berlarinya, kebanyakan rubah mampu berlari lebih cepat dibandingkan dengan serigala.
  7. Rubah memiliki kebiasaan unik yaitu menggali lubang di tanah sebagai tempat istirahat dan bersembunyi dari musuh. Ia juga kerap memakai ekornya sebagai selimut untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.
  8. Sama seperti anjing, serigala bisa mengeluarkan lolongan yang khas. Serigala biasanya melolong pada malam hari untuk berkomunikasi dengan teman-teman dalam kelompoknya. Sedangkan rubah tidak mampu melolong.