Ini Lho Beda Sawah dan Ladang

Apakah perbedaan antara sawah dan ladang? Seperti kita ketahui bersama, sawah dan ladang sama-sama digunakan oleh petani sebagai lahan untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Sedangkan definisi pertanian yaitu suatu usaha manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tujuannya untuk memperoleh hasil dari pengolahan lahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sawah adalah tanah yang digarap dan dialiri untuk tempat menanam padi. Sedangkan pengertian ladang yaitu tanah yang diusahakan dan ditanami. Ladang juga dapat diartikan sebagai tanah atau tempat yang luas yang diusahakan karena mengandung karena mengandung sumber daya alam.

perbedaan-sawah-dan-ladang.jpg

Bentuk pertanian pokok di dalam kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia ialah pertanian rakyat.

Sawah

Sawah adalah tanah yang digarap dan dialiri untuk tempat menanam padi. Bentuknya berupa lahan pertanian yang basah dan dilengkapi dengan sistem irigasi. Di beberapa daerah yang persediaan airnya minim, sawah juga sering dibuat menggunakan sistem tadah hujan, lebak, dan pasang surut. Tanaman yang biasa dibudidayakan di area persawahan yaitu padi.

Ciri-ciri sawah di antaranya :

  1. Digenangi air
  2. Lokasinya menetap
  3. Diolah secara teratur
  4. Ditanami dengan padi

Ladang

Ladang adalah tanah yang diusahakan dan ditanami. Ladang juga dapat diartikan sebagai tanah atau tempat yang luas yang diusahakan karena mengandung karena mengandung sumber daya alam. Ladang biasanya berupa lahan yang kering dan terletak di sekitar hutan. Pada mulanya, ladang dibuat dengan sistem berpindah-pindah setelah beberapa kali panen. Namun karena kesadaran petani lokal yang semakin tinggi terhadap bahayanya sistem pertanian tersebut, maka saat ini ladang pun dibuat secara menetap dengan sistem kepemilikan.

Ciri-ciri ladang yaitu :

  1. Kondisi lahannya kering
  2. Tidak digenangi oleh air
  3. Pengolahannya tidak teratur
  4. Ditanami palawija

Perbedaan

Perbedaan antara sawah dan ladang terletak pada kondisi lingkungannya. Sawah selalu dalam kondisi basah dan tergenang air. Di sisi lain, kondisi ladang adalah kering dan tidak digenangi air. Sawah umumnya ditanami padi. Sedangkan ladang selalu ditanami palawija serta singkong dan ubi. Ada varietas tanaman padi yang bisa dipelihara di ladang yaitu padi gogo .

Selain istilah sawah dan ladang, terdapat pula lahan berupa kebun. Kebun adalah sebidang tanah yang ditanami pohon musiman seperti buah-buahan. Anda juga bisa menanaminya dengan pohon kopi, karet, cengkeh, kopra, teh, dan sebagainya. Kebun biasanya terletak tidak jauh dari lingkungan permukiman penduduk. Kebanyakan tanaman yang dipelihara di sini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.