Lima Perbedaan Aquarium dan Aquascape

Apakah perbedaan antara aquarium dan aquascape? Para pecinta ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini. Yap, aquarium dan aquascape pada dasarnya sama-sama merupakan ekosistem air buatan. Aquarium lebih menitikberatkan pada pemeliharaan ikan. Sedangkan aquascape lebih berfokus pada perawatan tanaman air.

Sebelum kita mengupas faktor-faktor apa saja yang menjadi pembeda antara aquarium dan aquascape, marilah kita mengenal keduanya secara lebih dekat!

perbedaan-aquascape-dan-aquarium.jpg

Aquarium

Aquarium adalah bak kaca yang biasa digunakan sebagai tempat memelihara ikan hias. Aquarium bisa berisi ikan-ikan dengan beragam ukuran, mulai dari ikan yang berukuran kecil sampai besar. Untuk menciptakan panorama yang alami, para pemilik biasanya menghias aquarium dengan pernik-pernik semisal bebatuan, karang, kulit kerang, batang tumbuhan, dan lain-lain. Penambahan tanaman air pada aquarium tidak begitu diminati karena selain merepotkan, tanaman tersebut juga berisiko tinggi dirusak oleh ikan.

Secara umum, penggemar aquarium lebih fokus pada pemeliharaan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Jadi jangan heran kalau ada sebuah aquarium yang berisi ikan hias saja tanpa tambahan hiasan apapun selain gambar latar belakang. Selain itu, tidak ada pula persyaratan khusus bagi suatu ikan untuk dirawat di dalam aquarium.

Aquascape

Aquascape jika diterjemahkan ke bahasa indonesia secara bebas berarti panorama air. Memang benar, aquascape lebih khusus kepada pembuatan ekosistem di dalam air sebagus-bagusnya. Pemeliharaan ikan adalah nomor sekian. Sebab penciptaan ekosistem yang mirip seperti asli menjadi fokus utama di aquascape.

Aquascape selalu menggunakan tumbuhan air sebagai unsur utamanya. Tanaman-tanaman air ini diatur sedemikian rupa yang ditambahi dengan aksesori sesuai kebutuhan untuk menciptakan pemandangan di dalam air yang indah. Setelah aquascape sudah terbentuk, barulah Anda bisa memasukkan ikan ke dalamnya. Ikan yang digunakan untuk aquascape harus memenuhi persyaratan yaitu tidak merusak tanaman air, berukuran kecil, kulitnya berkilauan, senang bergerombol, serta bisa hidup di kondisi air yang minim oksigen.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara aquarium dan aquascape :

  1. Aquarium lebih berfokus pada pemeliharaan ikan dan aquascape lebih mengutamakan perawatan tanaman air.
  2. Hampir semua jenis ikan bisa dibesarkan menggunakan aquarium. Tetapi ikan yang cocok dimasukkan ke dalam aquascape harus memenuhi syarat-syarat tertentu.
  3. Keindahan aquarium berasal dari bentuk, warna, dan tingkah laku ikan hias. Sedangkan keindahan aquascape didapatkan dari perpaduan antara ikan dan tanaman secara harmonis.
  4. Secara garis besar, proses pembuatan aquascape jauh lebih sulit dibandingkan dengan pembuatan aquarium. Oleh karena itu, aquascape sering dikatakan satu tingkat lebih baik daripada aquarium.
  5. Nilai aquarium akan semakin tinggi apabila terlihat mewah. Sedangkan desain yang saat ini paling disukai dari aquascape adalah natural.