Perbedaan antara Komodo, Kadal, dan Cicak

Apakah perbedaan antara komodo, kadal, dan cicak? Hayo siapa nih yang suka melihat berbagai hewan di kebun binatang? Wah, bahkan Anda punya koleksi beberapa hewan di rumah ya? Salut deh. Nah, sebagai pencinta binatang, tahukah Anda kalau komodo itu berbeda dengan kadal ataupun cicak?

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengartikan komodo sebagai biawak besar yang panjangnya dapat mencapai 5 m dengan berat sekitar 150 kg, ekornya pipih, kepalanya bermoncong, lidahnya panjang bercabang di ujungnya dengan warna kuning kemerah-merahan, terdapat di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Kadal, atau disebut pula sebagai bengkarung, adalah binatang melata berkaki empat dan berekor, tubuhnya bersisik, berkilat, berwarna hijau, kekuning-kuningan. Dan cicak/cecak yaitu binatang merayap, biasa hidup di rumah (pada langit-langit, di dekat lampu), makanannya binatang kecil (nyamuk dan sebagainya), dan sering berbunyi cek cek.

Sebelum mencari tahu apa sih bedanya antara komodo, kadal, dengan cicak, yuk kita berkenalan terlebih dahulu dengan masing-masing binatang ini!

perbedaan-komodo-kadal-cicak.jpg

Komodo

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies kadal terbesar di dunia yang termasuk dalam famili Varanidae. Biawak raksasa ini hidup di Pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Dasami, dan Gili Motang di Nusa Tenggara, Indonesia. Rata-rata komodo mempunyai panjang sekitar 2-3 m dan bobotnya mencapai lebih dari 70 kg. Spesimen liar yang pernah ada memiliki panjang sebesar 3,13 m dan berat kurang lebih 166 kg.

Komodo mempunyai ekor yang ukurannya sama panjang dengan tubuhnya. Binatang ini memiliki 60 buah gigi yang berukuran 2,5 cm dan bergerigi tajam. Air liur komodo mengandung bakteri mematikan yang hidup di mulutnya. Komodo memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning, dan bercabang. Lidah ini digunakan untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli.

Kadal

Kadal adalah binatang bersisik berkaki empat yang tergolong dalam kelompok reptil. Jadi istilah kadal mencakup seluruh binatang yang termasuk Upaordo Lacertilia seperti cecak, tokek, biawak, iguana, bunglon, cecak terbang, dan sebagainya. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap kadal sebagai hewan bertubuh kecil, bersisik licin, berkilau, dan hidup di atas tanah. Kadal yang biasa disebut adalah skink dari golongan famili Scincidae atau anggota infraordo Scincomorphia. Contohnya yaitu kadal kebun (Mabuya multifasciata).

Kadal merupakan hewan berdarah dingin sehingga ia kerap berjemur untuk memudahkannya dalam beradaptasi. Kadal juga memiliki sirip-sirip yang bervariasi yang terbentuk dari zat tanduk. Sebagian besar sisik kadal berkilau, bertekstur halus, dan terkesan licin/seakan-akan berminyak. Pada umumnya, kadal dapat menumbuhkan kembali ekor dan tungkai yang telah terputus.

Cecak

Cecak adalah binatang reptil yang termasuk dalam famili Gekkonidae di upaordo Lacertilia. Binatang ini biasanya hidup secara merayap di dinding serta pohon, termasuk pohon cemara dan pohon pinus. Kebanyakan cokelat berwarna abu-abu, meski ada pula cecak yang berwarna cokelat kehitam-hitaman. Ukuran panjang tubuh cecak kurang lebih sekitar 10 cm.

Ada berbagai macam jenis cecak di dunia, di mana tiga di antaranya sering dijumpai tinggal di rumah antara lain cecak tembok, cecak kayu, dan cecak gula. Cecak cenderung menyukai serangga terutama nyamuk. Tahukah Anda, cecak terbang (Draco spp) sebenarnya tidak termasuk dalam cecak (Gekkonidae), melainkan kadal agamid (Agamidae).

Perbedaan

Dalam mengupas perbedaan antara komodo, kadal, dan cecak ini, marilah kita sepakat terlebih dahulu dalam mengartikan kadal. Pengertian kadal yang akan dipakai di sini adalah pengertian yang banyak dipahami oleh masyarakat Indonesia, bukan pengertian kadal secara ilmiah. Jadi kadal merupakan binatang yang termasuk dalam famili Scincidae.

Catat poin-poin perbedaan antara ketiga binatang ini sebagai berikut!

  1. Komodo termasuk dalam famili Varanidae, kadal tergolong dalam Scincidae, dan cecak merupakan anggota Gekkonidae.
  2. Komodo hanya dapat dijumpai di Indonesia. Sedangkan kadal dan cecak bisa ditemukan di hampir seluruh bagian dunia.
  3. Rata-rata komodo berukuran 2-3 m, kadal berukuran 20-30 cm, dan cecak berukuran sekitar 10-15 cm.
  4. Bobot tubuh komodo jauh lebih berat dibandingkan dengan kadal dan cecak.
  5. Komodo adalah karnivora. Tetapi kadal dan cecak merupakan omnivora.
  6. Semua jenis komodo dan cecak mempunyai ular. Namun ada jenis kadal yang tidak berkaki yaitu kadal ular kaca.
  7. Berbeda dengan kadal dan cecak yang sanggup menumbuhkan kembali ekornya yang terputus, komodo tidak mampu melakukannya.
  8. Air liur komodo mengandung bakteri yang sangat mematikan. Sementara itu, air liur kadal dan cecak tidak mengandung bakteri yang mematikan.
  9. Komodo diselimuti oleh kulit yang sangat keras, kadal bersisik mengkilap, serta cecak berkulit dengan warna abu-abu.
  10. Cecak sangat pandai merayap di dinding. Kadal tidak terlalu pandai merayap di dinding. Sebaliknya komodo sama sekali tidak bisa memanjat di permukaan dinding.