Perbedaan antara Marchingband dan Drumband

Apakah perbedaan antara marchingband dan drumband? Suasana karnaval kurang semarak apabila tidak ada marchingband atau drumband di dalamnya. Yap, kelompok musik ini akan memainkan berbagai alat musik dengan irama tertentu. Terkadang ada pula atraksi yang mereka tunjukkan selama memainkan alat musik tersebut.

Marchingband merupakan suatu istilah dalam bahasa inggris yang berarti sekelompok pemain lagu yang memadukan berbagai jenis alat musik untuk mencapai harmonisasi suara. Nilai pada pemain marchingband ditunjukkan dari kecakapan dalam memainkan alat musik dan aksi baris-berbaris. Pada umumnya, kelompok ini dipimpin oleh beberapa ketua yang membawahi masing-masing alat musik.

Sementara itu, kata dan istilah drumband hanya dikenal di Indonesia. Drumband merujuk pada pemain marchingband yang hanya menggunakan alat musik jenis perkusi/pukul (drum). Di antaranya seperti snare drum, bass drum, toms, dan bellyra. Drumband biasanya dihadirkan dalam acara-acara yang bersifat resmi.

perbedaan-marchingband-dan-drumband.jpg

Perbedaan Marchingband dan Drumband

Antara marchingband dan drumband memang berbeda. Perbedaan antara keduanya terletak pada jenis alat musik yang dipakai, jumlah personel di setiap kelompok, dan teknik penampilannya. Drumband hanya menggunakan alat musik perkusi alias drum/pukul. Beberapa alat musik yang kerap digunakan antara lain snare drum, bass drum, cymbals, tom 1, tom 2, triangle, dan lain-lain. Sedangkan untuk keperluan menciptakan melodi, beberapa kelompok memakai vibraphone.

Drumband pada umumnya ditampilkan dalam acara-acara yang bersifat resmi seperti upacara bendera, penyambutan tamu, dan upacara dalam angkatan bersenjata. Pemimpin drumband cukup satu orang yang disebut drum major. Hal ini dikarenakan alat musik yang digunakan dalam drumband hanya terdiri atas satu jenis saja.

Berbeda halnya dengan marchingband, kelompok ini menggunakan alat musik yang jenisnya lebih kompleks. Ada alat musik perkusi, alat musik tiup, alat musik papan bilah, dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan heran kalau ada banyak pemimpin dalam marchingband. Misalnya drum major, wind major, dan prime major.

Istilah marchingband sendiri terbentuk dari gabungan kata march yang berarti berjalan dan band artinya pemain musik. Jadi marchingband adalah pemain musik yang bermain sambil berjalan. Namun pada kenyataannya, pemain marchingband profesional tidak hanya berjalan sembari memainkan musik saja. Mereka akan melakukan beberapa atraksi untuk memperindah penampilannya. Contohnya melempar cymbals ke atas secara bersama-sama, memutar tongkat, dan berguling sambil memainkan bass drum.